Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Mei 2019 19:37 WIB

TRAVEL NEWS

Yang Baru di PRJ 2019: Arena Lampion dan Wahana Salju

Muhammad Idris
detikTravel
Foto: Muhammad Idris/detikcom
Foto: Muhammad Idris/detikcom
Jakarta - Pekan Raya Jakarta (PRJ) tinggal menghitung hari. Ajang tahunan ini akan digelar selama 40 hari dari 22 Mei hingga 30 Juli 2018. Ajang ini merupakan penyelenggaraan PRJ ke-51 yang bertepatan dengan hari jadi Ibu Kota Jakarta yang ke-492.

Marketing Director PT JIExpo Ralp Scheunemann menuturkan, pihaknya memperkirakan ada lebih dari 6,7 juta pengunjung dengan jumlah transaksi sekitar Rp 7 triliun selama penyelenggaraan. Jumlah itu hampir sama dengan target pada tahun sebelumnya.

"Tahun lalu pengunjung 6,7 juta, saya katakan berapapun pengunjungnya tidak masalah. Jujur angka itu sudah sangat tinggi. Kita lebih mementingkan supaya ada pembagian pengunjung, karena selama ini lebih banyak yang datang saat weekend, bukan di weekday," jelas Scheunemann ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/5/2019).


Untuk menyemarakkan pameran, lanjut dia, setidaknya ada 2 hiburan menarik yang relatif paling baru. Pertama yakni arena lampion di area yang cukup luas sehingga bisa jadi tempat nongkrong dan berfoto bagi para pengunjung. Kedua yaitu wahana salju yang bisa arena bermain anak.

"Tahun ini akan ada arena lampion, kita sulap area Gambir, sehingga bisa jadi destinasi menarik di malam hari, bisa berfoto ria itu sangat bagus sekali. Kemudian ada wahana salju buat anak-anak kecil. Selain itu ada parade budaya setiap dua kali seminggu," tutur Scheunemann.

Pameran yang disebut-sebut sebagai yang terlama dan terbesar se-Asia Tenggara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1968. 2019 menjadi tahun ke-52 gelaran PRJ yang selalu terselenggara setiap tahun tanpa pernah terputus.

Diungkapkan Scheunemann, PRJ tahun ini yang bertepatan dengan Ramadan ini justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang terlibat di dalamnya. PRJ 2019 diikuti oleh 2.700 perusahaan peserta dalam 1.500 stan yang memamerkan produk unggulan dengan beragam diskon selama 40 hari penyelenggaraan.

Sementara untuk pengusaha UMKM akan menempati area di Hall-B3 dan Hall-C3. Beberapa produk yang rutin dipamerkan antara lain otomotif, teknologi informasi, komputer, alat olahraga, fashion, peralatan rumah tangga, furniture, elektronik, perbankan, produk jasa, obat, hingga kerajinan tangan.


PRJ mulai dibuka pukul 10.00 hingga 23.00 WIB dan akan tetap buka meski ada hari libur Lebaran. Dua panggung disiapkan. Panggung utama akan diisi band dan penyanyi papan atas antara lain Slank, Sheila On 7, Godbless, Padi Reborn, Ayu Ting Ting, Ari Lasso, dan lainnya.

Menurut Scheunemann, meski PRJ 2019 dimulai bertepatan dengan pengumuman hasil pemilu KPU, pihaknya tak merasa khawatir. Dikatakannya, panitia sendiri memundurkan upacara pembukaan beberapa hari setelah tanggal 22 Mei 2019.

"Kita percaya dan positif Jakarta tetap aman. Kita tetap buka saja menunjukan ke publik kalau Jakarta tidak akan terjadi apa-apa. Kita percaya negara ini aman, saya juga sampaikan PRJ sebagai bentuk partisipasi menyediakan hiburan di Jakarta saat pengumuman KPU nanti," pungkasnya. (prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA