Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mei 2019 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Lebaran ke Dieng, Perhatikan Jalur Ini Agar Tak Kena Macet

Uje Hartono
detikTravel
Candi Arjuna di Dieng (Uje Hartono/detikTravel)
Candi Arjuna di Dieng (Uje Hartono/detikTravel)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Banjarnegara - Dataran tinggi Dieng memiliki banyak obyek wisata menarik. Bagi yang mau ke sana di libur Lebaran nanti, ini jalur alternatif yang bisa ditempuh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, untuk menghindari kemacetan jalur ke obyek wisata Dieng perlu dibagi-bagi. Mengingat banyak jalan yang menghubungkan ke obeyk wisata Dieng.

Misalnya, jika wisatawan dari arah barat, seperti dari Purwokerto, Cilacap dan lainnya, sebaiknya memilih jalur kota Banjarnegara - Kecamatan Karangkobar, Kecamatan Pejawaran - kemudian Dieng.

"Kalau yang dari barat, sebaiknya lewat kota Banjarnegara, seperti biasa arah Karangkobar. Tetapi sesampainya Karangkobar memilih arah Pejawaran," jelasnya saat ditemui di kantornya, Kamis (30/5/2019).

Sedangkan wisatawan dari arah timur, menggunakan jalur Wonosobo, Kecamatan Kejajar hingga Dieng. Untuk wisatawan dari Pekalongan dan sekitarnya bisa melalui jalur Kecamatan Kalibening, Kecamatan Wanayasa hingga Kecmatan Batur, Dieng.

"Tujuannya agar tidak menumpuk di satu jalur sehingga tidak macet. Ada jalur satu lagi, yakni lewat kecamatan Madukara - Pagentan, tetapi untuk kendaraan besar sepertinya belum bisa," terangnya.

BACA JUGA: 20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, ia juga mengimbau agar wisatawan yang ke Dieng membawa kendaraan sendiri untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Mengingat banyak tanjakan dan tikungan tajam.

"Sebaiknya dilihat dulu mesinnya bagaimana, untuk menghindari mogok dan lain-lain. Ada beberapa tanjakan yang cukup ekstrem," kata dia. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA