Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Jun 2019 04:15 WIB

TRAVEL NEWS

Buntut Panjang dari Kapal Pesiar Tabrak Dermaga di Venesia

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Twitter/@duncanogleskan)
Foto: (Twitter/@duncanogleskan)
Venesia - Baru-baru ini, kapal pesiar menabrak dermaga di Venesia. Hal itu menjadi polemik, apakah sebaiknya kapal pesiar dilarang di sana?

Dilansir dari BBC, Selasa (4/6/2019) Kapal Pesiar MSC Opera lepas kendali di dermaga Giudecca, San Basilio, Venesia. 4 Orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Hingga kini, investigasi mengapa kapal tersebut sampai lepas kendali masih diselidiki. Pihak Kapal Pesiar MSC Opera menyebut, tali dari kapal kecil untuk memarkirkan kapal pesiarnya terputus dan adanya arus yang kuat. Sehingga kapal pesiarnya lepas kendali dan menghantam dermaga.

BACA JUGA: Lepas Kendali, Kapal Pesiar Tabrak Dermaga!



Bagi dua kubu di pemerintahan Italia, hal tersebut menjadi polemik. Bagi kubu Lega Nord yang diwakili Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini, mengatakan bahwa kapal pesiar sudah seharusnya dilarang di Venesia.

Sebabnya, Venesia sudah terlalu padat turis sehingga tidak perlu ada kapal pesiar lagi. Selain itu, gelombang tinggi yang dihasilkan dari pergerakan kapal pesiar dinilai bisa membuat banjir di kawasan pesisir.

"Kami sudah dari dulu meminta untuk memindahkan dermaga kapal pesiar di Porto Marghera bukan di San Basilio," katanya.

Sedangkan bagi kubu Movimento 5 Stelle diwakili Menteri Infrastruktur Danilo Toninelli, menolaknya. Sebab, kawasan Porto Marghera merupakan dermaga kapal-kapal tanker.

"Kami tidak mau kapal pesiar dan kapal tanker berada dalam satu jalur yang sama," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup Sergio Costa mengatakan, kapal pesiar yang menabrak dermaga di Venesia sudah diprediksi jauh-jauh hari. Tentu, itu bisa merusak citra pariwisata Venesia dan membuat turis tidak aman.



Walikota Venesia Luigi Brugnaro, meminta pemerintah Italia mengambil tindakan tegas terkait dermaga kapal pesiar yang lebih memadai. Agar masalah kapal pesiar menabrak dermaga tidak terjadi lagi.

BACA JUGA: Nahas! Yacht Rp 23 T Ini Hilang Setelah Jatuh dari Kapal Kargo

Otoritas pelabuhan Venesia sendiri pun sudah meminta tindakan untuk menyelesaikan masalah lalu lintas kapal pesiar yang tinggi. Pemerintah Italia sebelumnya di tahun 2013, telah membuat aturan berupa kapal yang berbobot lebih dari 96 ribu ton dilarang berlabuh di dermaga Giudecca. Tapi kemudian, aturan itu dihapus.

Tahun 2017, pemerintah Italia sudah merencanakan untuk membuat dermaga baru bagi kapal pesiar di Venesia. Hanya saja, jika memang ada tempatnya butuh waktu bertahun-tahun untuk pembangunannya.



Tonton juga video saat Kapal Pesiar Mogok di Perairan Norwegia:

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED