Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ikut Open Trip Bareng Artis, Tetap Perhatikan Kualitas Ya!

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi (Thinkstock)
Ilustrasi (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Open Trip Bareng Artis
Jakarta - Baru-baru ini ada tren open trip bareng artis, contohnya bersama Lucinta Luna ke Australia. Meski begitu, traveler tetap harus memperhatikan kualitas dari pihak operator.

Tidak salah ikut open trip bareng artis idola. Ini menjadi sebuah pengalaman baru. Dari jalan-jalan, kita juga dapat mengenal dengan seleb yang biasanya hanya dilihat melalui layar kaca.

Namun, jangan sembarangan ikut open trip, cuma gara-gara ada artisnya. Jangan sampai open tripnya berkualitas buruk hingga berbuah nestapa. Menurut pengamat sosial Program Vokasi Universitas Indonesia, Devie Rahmawati, orang Indonesia masih lemah dalam literasi hukum. Hal ini kemudian mendasari seseorang yang mudah percaya untuk cenderung setuju dalam semua kesepakatan, termasuk dalam membeli jasa tur wisata.

Menurutnya, para pengguna jasa juga harus cerdas dalam memilih jenis agen tur. Sehingga, perjalanan pun terjamin aman dan nyaman. Jangan mudah tergiur embel-embel: ada artisnya.

"Bagi para traveler juga dengan serius meminta jaminan dari penawar jasa, yang misalnya dituangkan dalam perjanjian. Orang Indonesia lemahnya, karena kita masyarakat yang komunal, sangat sosial sehingga mudah sekali percaya dengan orang lain. sehingga hukum tidak diperhatikan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon Senin (10/6/2019).

Pengguna jasa juga harus meminta detil perjalanan dan hak serta kewajiban yang harus dilakukan. Ini untuk mendapatkan kejelasan agar perjalanan berjalan dengan semestinya dan meminimalisir hambatan.

"Seharusnya harus ada detail, traveler dapat apa, hak dan kewajibannya apa. Dituangkan dalam materai perjanjian dan sebagainya. Sehingga, bagi penawar promo juga tidak sembarangan," tambahnya.

Lanjut Devie, hal ini karena open trip bersama public figure berkesinambungan antara sejumlah pihak. Public figure dan agen tur, masing-masing mereka harus menjaga reputasi agar mendapatkan kepercayaan dari publik, begitupun dengan konsumen yang mendapatkan hak dengan semestinya.

"Alasannya jelas karena ini menyangkut nama baik semua orang, apalagi selebritis. Ini satu permintaan rasional. Penipuan berkedok travel sudah seringkali terjadi. Nah ini kemudian harus selalu diingatkan pada masyrakat kita yang literasi hukumnya masih sangat rendah. Jadi jangan merasa gengsi bertanya soal hukum, untuk belajar dari orang yang tertipu dan jadi bentuk tanggung jawab travel agent," imbuh Devie. (bnl/fay)

FOKUS BERITA

Open Trip Bareng Artis
BERITA TERKAIT
BACA JUGA