Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 08:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Jangan Sembarangan Pilih Open Trip Bareng Artis!

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi (Thinkstock)
Ilustrasi (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Open Trip Bareng Artis
Jakarta - Meski bisa dibilang menarik, open trip bareng artis idola jangan sampai merugikan traveler. Pilih dengan cermat tur yang akan diikuti. Inilah tipsnya.

Open trip bisa jadi alternatif tur murah dan terjangkau. Apalagi jika pergi bersama artis idola, tentunya jadi sebuah nilai jual yang berbeda. Namun, tetap harus waspada akan hal ini. Bisa jadi, penyedia layanan tur tidak resmi yang membuat kamu buntung, bukan untung.

Menurut pengamat sosial Program Vokasi Universitas Indonesia, Devie Rahmawati, orang Indonesia cenderung lemah dalam literasi hukum. Umumnya, sifat orang Indonesia saat melakukan pembelian sebuah jasa mudah percaya tanpa ada status yang jelas.

"Bagi para traveler juga dengan serius meminta jaminan dari penawar jasa, yang misalnya dituangkan dalam perjanjian. Orang Indonesia lemahnya, karena kita masyarakat yang komunal, sangat sosial sehingga mudah sekali percaya dengan orang lain. sehingga hukum tidak diperhatikan. Seharusnya harus ada detail, traveler dapat apa, hak dan kewajibannya apa," ujarnya saat dihubungi detikcom Senin (10/6/2019).

Ada beberapa tips yang harus traveler perhatikan ketika ingin ikut open trip bersama artis. Ini bisa jadi acuan bagi kamu yang tetap ingin jalan-jalan bareng idola tanpa harus cemberut di akhir. Berikut selengkapnya:

1. Tanya legalitas perusahaan

Penting nih, jangan asal-asalan memilih agen tur mentang-mentang ada artisnya. Tanyakan kepada mereka soal legalitas perusahaan, badan hukum atau nomor izin mendirikan usaha. Ini akan membantu traveler untuk melihat aktivitas perusahaan yang sehat atau tidak.

Jangan karena termakan promosi, traveler sampai menyampingkan hal ini. Sudah wajar sebagai konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang resmi.

2. Tanya kontak dan cek review

Untuk membuktikan perusahaan tersebut benar berdiri, tanyakan alamat lengkap kantornya. Selain itu, traveler juga bisa mengecek nomor telepon yang diberikan.

Cobalah cari di internet, apakah ada review buruk atau beberapa testimoni tidak mengenakkan? Konfirmasi hal tersebut, lalu bisa jadi pertimbangkan untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

3. Lihat testimoni

Meski terkadang tidak selamanya valid, melihat testimoni bisa memberikan sudut pandang untuk memilih sebuah agen tur. Lihatlah dari akun media sosial atau review di internet. Hal ini dapat mempermudah traveler untuk melihat hasil kerja perusahaan tur sebelumnya.

4. Tanya hak dan kewajiban sebagai peserta tur

Biaya tur umumnya mencakup sebagian besar kebutuhan perjalanan. Namun, traveler harus pastikan perjanjian di awal akan didapat saat sampai dan dalam tujuan perjalanan.

Jangan malu bertanya kepada agen tur atau pemandu. Ikuti aturan yang disepakati. Baiknya, traveler menggunakan perjanjian resmi yang bisa dipertanggungjawabkan apabila tidak mendapat hak konsumen. Namun, traveler juga harus memenuhi kewajiban seperti dokumen atau pelunasan biaya yang telah disepakati.

5. Minta bukti pembayaran

Penting, selalu minta kepada agen tur bukti pembayaran perjalanan. Jangan sampai hilang, simpan baik-baik.

Hal ini dapat menjadi dokumen yang bisa jadi tanda terima atau bukti utama apabila terjadi kendala sebelum, dalam atau sesudah perjalanan.

(bnl/fay)

FOKUS BERITA

Open Trip Bareng Artis
BERITA TERKAIT