Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 14:48 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Ditetapkan Jadi Wakil Presiden UNWTO Asia-Pasifik

Nurcholis Ma'arif
detikTravel
Foto: Kemenpar
Foto: Kemenpar
Jakarta - Indonesia melalui Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (BPIK) Ni Wayan Giri Adnyani dipercaya memimpin sidang tahunan organisasi pariwisata dunia United Nations World Tourism Organisation (UNWTO) untuk kawasan Asia Pasifik.

Ni Wayan Giri mengatakan para anggota Komisi UNWTO Asia Pasifik melakukan pertemuan tahunan yang ke-31 bertempat di Thimpu, Butan pada Selasa (4/6/2019).

"Pertemuan Komisi UNWTO khusus wilayah Asia Timur dan Pasifik juga mengadakan pertemuan ke-53 di tempat yang sama," ucap Ni Wayan Giri yang juga memimpin sidang tersebut dalam keterangannya, Rabu (12/6/2019).

UNWTO Asia Timur dan Pasifik beranggotakan 19 negara. Adapaun UNWTO Asia Selatan beranggotakan 9 negara sehingga seluruhnya ada 28 negara yang hadir dalam dua sidang pertemuan yang dipimpin oleh Ni Wayan Giri.


Ni Wayan Giri mengatakan pertemuan tersebut turut dihadiri Menteri Luar Negeri Bhutan yang juga merangkap sebagai ketua Tourism Council Bhutan, Sekjen UNWTO, para delegasi negara anggota UNWTO Asia Selatan, Asia Timur dan Pasifik, affiliate members, dan organisasi internasional seperti PATA.

Sebelum menjabat Deputi BPIK, Ni Wayan Giri memang telah memiliki pengalaman kerja sama luar negeri, terutama dengan UNWTO. Hasilnya, pertemuan yang dipimpinnya berjalan lancar dan ia mendapat pujian dari pejabat UNWTO maupun peserta yang hadir.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan pertemuan ini membahas program-program kerja UNWTO dan berbagi informasi tentang perkembangan kepariwisataan negara-negara anggota.

Arief mencontohkan program UNWTO yang sedang berjalan di Indonesia yaitu pengembangan UNWTO gastronomy tourism prototype di Ubud, Bali. Program ini dimaksudkan mengembangkan dan mempromosikan produk pariwisata gastronomi inovatif yang menghubungkan sektor publik dan swasta serta menyoroti kontribusinya terhadap pembangunan sosial ekonomi.


Lanjut Arief, beberapa hasil keputusan dalam pertemuan ini yaitu terpilihnya Indonesia sebagai wakil ketua komisi UNWTO kawasan Asia Timur dan Pasifik untuk jabatan dua tahun mendatang.

Indonesia juga menjadi wakil presiden yang mewakili wilayah Asia Timur dan Pasifik pada Sidang Umum UNWTO ke-23 yang akan dilaksanakan di Saint Petersburg, Rusia pada September mendatang.

"Ini bukti pariwisata Indonesia bukan hanya eksis, tapi juga diperhitungkan di kancah internasional dan bukti pariwisata Indonesia memiliki manajemen yang baik," jelas Arief. (idr/idr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED