Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Jun 2019 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah 15 Negara Paling Damai & Aman di Dunia

Shinta Angriyana
detikTravel
Reykjavik di Islandia (iStock)
Reykjavik di Islandia (iStock)
Jakarta - Faktor keamanan jadi salah satu aspek utama saat traveling ke luar negeri. Dari berbagai negara di dunia, inilah negara yang paling aman.

Setiap tahunnya, Vision of Humanity mengeluarkan data berjudul Global Peace Index. Data ini memberikan penilaian mengenai sejumlah negara di dunia dari faktor keamanan dan kesejahteraan di tempat tersebut.

Dilihat detikcom dari situs resminya, Selasa (18/6/2019) ada 3 faktor utama untuk penilaian data ini. Yakni konflik domestik dan internasional yang sedang dialami negara tersebut, pengamanan sosial serta faktor militer.

Dari 3 aspek tersebut, bercabang ke berbagai faktor yang lebih luas. Seperti jumlah konflik internal dan eksternal, kematian yang dialami akibat kejadian kriminalitas, kondisi politik, personel militer, dan penjagaan negara.

Hasilnya, Islandia menduduki posisi pertama dan masih menjadi juara bertahan. Islandia menduduki posisi pertama 3 tahun belakangan dan mendapatkan predikat sebagai negara paling damai dan aman di dunia.

BACA JUGA: Kelakuan Polisi di Negara Paling Bahagia

Posisi kedua pun masih diduduki oleh Selandia Baru. Nampaknya, tragedi terorisme di Christchurch tidak berpengaruh signifikan. Selandia Baru masih dianggap aman dan damai untuk hidup dan dikunjungi. Selanjutnya, posisi ke-3 diduduki oleh Portugal, yang naik 3 peringkat dari tahun sebelumnya.

Umumnya, 5 negara pertama diisi oleh benua Eropa dan 1 Oseania. 5 posisi teratas tersebut yakni Islandia, Selandia Baru, Portugal, Austria, dan Denmark.

Asia pun juga masuk ke dalam posisi 15 pertama. Tetangga Indonesia, Singapura berada di posisi ke-7. Posisi ini naik 2 peringkat dari tahun sebelumnya, yakni nomor 9. Jepang juga ada di posisi ke 9, dan Bhutan di posisi ke-15.

Lalu, apa kabar dengan Indonesia? Dengan total 163 negara, Indonesia berada di posisi ke-41. Posisi ini naik pesat 14 peringkat dari tahun sebelumnya, yakni ke-55.

Berikut selengkapnya, 15 negara paling aman dan damai di dunia versi data Global Peace Index:

1. Islandia
2. Selandia Baru
3. Portugal
4. Austria
5. Denmark
6. Kanada
7. Singapura
8. Slovenia
9. Jepang
10. Republik Ceko
11. Swiss
12. Irlandia
13. Australia
14. Finlandia
15. Bhutan (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED