Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Jun 2019 19:25 WIB

TRAVEL NEWS

Kejar Target Wisatawan, Jabar Gelar 262 Festival Tahun Ini

Mukhlis Dinillah
detikTravel
Ilustrasi Sunrise di Pangalengan (Teguh Tofik Hidayat/dTraveler)
Ilustrasi Sunrise di Pangalengan (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)
Bandung - Jawa Barat selalu punya tempat di hati wisatawan. Untuk kejar target wisatawan, Pemprov Jabar adakan ratusan festival tahun ini.

Berbagai cara dilakukan Pemprov Jabar dalam mendongkrak kunjungan wisatawan 2019. Salah satunya dengan menggelar ratusan ratusan festival di berbagai daerah di Jabar untuk mengejar target 1,8 kunjungan wisatawan nusantara dan 48 juta untuk wisatawan mancanegara.

Sebanyak 262 festival tersebut masuk dalam West Java Calender of Event yang baru saja diluncurkan di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Selasa (26/6/2019). Seluruh pegiat pariwisata di Jabar hadir dalam kegiatan tersebut.

"Sebanyak 262 (agenda festival) itu setiap dua hari minimal ada satu atau dua festival, menandakan produktivitas karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga, orang ingin menampilkan sisi budaya, sisi kreativitasnya," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai kegiatan.



Menurutnya seharusnya ada ribuan festival yang akan digelar hingga akhir tahun ini. Namun, setelah melalui tahapan kurasi, dipilih ratusan festival saja berdasarkan skala profesional, pelibatan masyarakat, dan dampak ekonomi yang optimal.

"Tanggapannya juga, citra positif. Itu akhirnya diseleksi, jatuhlah di sekitar 262 (agenda kegiatan)," jelas dia.

Emil menginginkan sektor pariwisata nantinya menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Jabar. Sehingga, ia mendorong pekembangan pariwisata ini juga berdampak terhadap perekonomian warga sekitar.

"Makanya kita ingin menerakan ekonomi Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya kita ingin mensejahterakan dulu warga sekitar, baru nanti melibatkan investor untuk pengembangan wisata selanjutnya," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik menjelaskan, ratusan festival yang akan digelar tersebut sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jabar.

Dari 262 festival tersebut, 35 festival di antaranya bakal digelar di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok dan 14 festival lainnya digelar di Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi.

"Lalu 66 event lainnya digelar di Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu dan sisanya 147 event digelar di Bandung Raya dan Priangan Timur," jelas Dedi.

Ia menuturkan melalui gelaran festival tersebut, pihaknya menargetkan, 48 juga wisatawan nusantara dan 1,8 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Jabar tahun ini.

"Tahun ini pertama kalinya West Java Calendar of Event diluncurkan sebagai upaya penguatan daya tarik wisata dan upaya pencapaian target kinerja pariwisata Jabar," ujar Dedi. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.