Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jun 2019 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Airbus Siapkan Pesawat Ramping Buat Rute Terpanjang Dunia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (CNN)
Foto: (CNN)
Jakarta - Pabrikan pesawat Airbus telah meluncurkan desain untuk A321 XLR. Sebuah pesawat ramping yang katanya akan bisa melayani penerbangan terpanjang di dunia.

Seperti dilansir CNN, Rabu (26/6/2019), pesawat itu direncanakan peluncurannya pada 2023 nanti. Kenapa ramping, karena hanya memiliki satu lorong saja.

Kata Airbus, pesawat ini akan memiliki jangkauan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni hingga 4.700 nm (mil laut) atau setara 8.704 kilometer. Tak hanya itu, kemampuan A321 XLR diklaim lebih rendah biaya untuk menempuh jarak seperti itu.

Efeknya, akan memungkinkan operator untuk membuka layanan jarak jauh baru. Utamanya pada rute yang jarang dilalui, seperti India ke Eropa atau China ke Australia.

Model baru ini memiliki jangkauan 15% lebih jauh dari pendahulunya, A321 LR. Oleh karenanya maskapai dapat membuka penerbangan transatlantik langsung antara benua Eropa dan Amerika.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan fitur yang juga diklaim Airbus lebih ramah lingkungan. Pabrikan mengklaim akan membakar bahan bakar 20% lebih rendah per kursi, dan akan menghasilkan 5.000 ton lebih sedikit CO2 per tahunnya.

BACA JUGA: Begini Jadinya Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran

Airbus juga mengatakan bahwa pesawat itu memiliki kebisingan 50% lebih rendah bagi penumpang dan bandara. Pesawat canggih itu memiliki panjang 44,51 meter.

A321 XLR juga bakal dapat menampung antara 180 dan 220. Jumlah terbanyak bila operator memilih untuk memiliki kursi ekonomi saja.

Perubahan lain pada pesawat termasuk posisi baru tangki yang berada di belakang tengah untuk volume bahan bakar lebih banyak. Roda pendaratan telah dimodifikasi agar berat pesawat saat take-off maksimum 101 metrik ton.

"Kami memberikan apa yang diminta pasar. A321 XLR adalah pesawat dengan lorong tunggal untuk rute terpanjang yang akan tersedia sekarang," kata Guillaume Faury, CEO Airbus, dalam sebuah pernyataan.

Menurut Airbus, jenis A320neo adalah pesawat lorong tunggal terlaris di dunia dengan lebih dari 6.500 pesanan dari lebih dari 100 pelanggan. Itu sejak diluncurkan pada 2010.

BACA JUGA: Rumitnya Merakit Pesawat Raksasa Airbus A380

Simak Video "Pesawat Raksasa Uji Coba Terbang di Bandara Megah Beijing"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA