Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jul 2019 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kain Donggala Unjuk Gigi Dalam Festival Tenun Sulteng 2019

Mohammad Qadri
detikTravel
Foto: Mohammad Qadri/detikcom
Foto: Mohammad Qadri/detikcom
Palu - Warisan budaya Donggala yang masih eksis hingga kini adalah kain tenunnya. Tentunya, masih jadi minat masyarakat mengenai keunikan budaya ini.

Salah satu warisan tekstil yang ditinggalkan oleh nenek moyang Suku Kaili yang mendiami daratan Donggala, memancarkan warna kain pada Festival Tenun Sulteng 2019.

Sebagai upaya merangsang pertumbuhan Pariwisata di Sulawesi Tengah, generasi pesona indonesia (GENPI) Sulawesi Tengah menggelar Festival Tenun 2019, pada Jumat (28/6/2019) di Taman Gor Palu yang dibuka pada pukul 16.00 wita.

Genpi Sulteng memilih festival tenun karena melihat potensi dan kualitas kain tenun yang bisa bersaing dengan kain tenun didaerah lainya. Kain tenun khas Sulteng yang biasa hanya dipakai saat ritual adat dan pesta pernikahan.

Ketua Harian GENPI Sulteng Suzan Dorothea mengatakan bahwa tujuannya adalah memperkenalkan kembali tenun Sulawesi Tngah pasca bencana ,sebagai ajang promosi bahwa kain Donggala bisa disandingkan dengan tenun lain atau bisa dipakai oleh kaum milenial bukan hanya orang tua saja.
Kain Donggala Unjuk Gigi Dalam Festival Tenun Sulteng 2019Foto: Mohammad Qadri/detikcom



"Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari ini, yang dapat menarik wisatawan lokal maupun luar Sulteng. Sehingga, diharapkan dapat berkontribusi terhadap upaya pemerintah daerah dalam memulihkan Sulteng pasca bencana khususnya di sektor Ekonomi dan Pariwisata," katanya

Sementara itu, Misna (50) penenun asal Desa Labuan, Kabupaten Donggala mengatakan pihaknya menekuni pembuatan kain tenun donggala sejak kelas 2 SD, yang mana pihaknya bersama keluarganya merupakan pengrajin kain tenun Donggala.

"Kain ini tidak mendiskriminasi status sosial pemakainya. Tenun ini dapat dikenakan segala kelas sosial, diaplikasikan beragam gaya, baik oleh orang biasa maupun tokoh publik, orang dewasa maupun anak-anak di sektor ekonomi dan pariwisata," ucapnya.




Simak Video "JK Tinjau Pembangunan Hunian Tetap bagi Korban Gempa Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA