Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jul 2019 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Jokowi Bicara Budaya Senyum dan Kebersihan Toilet

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (dok Sekretariat Presiden)
Foto: (dok Sekretariat Presiden)
Manado - Presiden Jokowi sedang berkunjung ke Manado, Sulut. Dia pun terpukau keindahan Manado dan mengajak kita semua peduli dengan kebersihan dan membudayakan senyum.

Dalam Instagram pribadinya yang dilihat detikcom, Jumat (5/7/2019) Jokowi memposting beberapa foto mengenai kegiatannya saat berkunjung ke Manado. Dalam captionnya dia memuji keindahan Manado dan juga mengajak semua orang untuk peduli dengan kebersihan, membudayakan senyum dan ramah pada wisatawan. Yang mana, itu merupakan hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata.

Jokowi meng-upload foto saat mengendarai golf cart menyusuri pantai Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Dia mengungkapkan ramainya wisatawan yang berkunjung ke sana.

"Kamis yang cerah di kawasan pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Saya dan Ibu Negara mengendarai golf cart menyusuri jalan berpermukaan bata di tepi pantai berpasir yang bersih. Indah sekali.

Wisatawan yang mau datang ke Sulawesi Utara benar-benar banyak, dan akan semakin banyak. Jadi kita harus siap, baik infrastruktur maupun pelayanannya.... " tulisnya.

View this post on Instagram

Kamis yang cerah di kawasan pariwisata Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Saya dan Ibu Negara mengendarai golf cart menyusuri jalan berpermukaan bata di tepi pantai berpasir yang bersih. Indah sekali. Wisatawan yang mau datang ke Sulawesi Utara benar-benar banyak, dan akan semakin banyak. Jadi kita harus siap, baik infrastruktur maupun pelayanannya. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan ini misalnya, memerlukan tambahan hotel untuk menampung wisatawan yang bertambah, pelebaran jalan menuju lokasi wisata, dan pembangunan jalan tol menuju lokasi. Lalu Bandara Sam Ratulangi di Manado, terminalnya perlu diperluas. Sementara dari masyarakat, kita membutuhkan peran mereka dalam penciptaan budaya dan kebiasaan yang ramah terhadap wisatawan sehingga para pendatang merasa nyaman. Ini berkaitan dengan budaya. Budaya bersih, budaya senyum, budaya melayani, sampai hal-hal kecil seperti urusan restoran dan kebersihan toiletnya. Ini tidak mudah. Ini pekerjaan besar.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Jul 4, 2019 at 4:31am PDT



Jokowi juga menyinggung mengenai pembangunan fasilitas Pantai Tanjung Pulisan yang masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Jokowi menyinggung jalan tol, jalan menuju pantai dan juga bandara.

"Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan ini misalnya, memerlukan tambahan hotel untuk menampung wisatawan yang bertambah, pelebaran jalan menuju lokasi wisata, dan pembangunan jalan tol menuju lokasi. Lalu Bandara Sam Ratulangi di Manado, terminalnya perlu diperluas," lanjutnya.

BACA JUGA: Pariwisata Sulawesi Utara di Mata Jokowi


Dalam penutup tulisannya, Jokowi mengajak semua pihak untuk peduli dengan pariwisata. Dia mengajak masyarakat untuk mulai membudayakan hal-hal kecil seperti kebersihan, senyum, dan pelayanan hingga wisatawan merasa nyaman berkunjung ke sana.

"Sementara dari masyarakat, kita membutuhkan peran mereka dalam penciptaan budaya dan kebiasaan yang ramah terhadap wisatawan sehingga para pendatang merasa nyaman. Ini berkaitan dengan budaya. Budaya bersih, budaya senyum, budaya melayani, sampai hal-hal kecil seperti urusan restoran dan kebersihan toiletnya. Ini tidak mudah. Ini pekerjaan besar," tutupnya.


Selain berkunjung ke Pantai Tanjung Pulisan, Jokowi juga berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Manado. Diantaranya ke Jendela Indonesia di Jalan Piere Tendean atau yang lebih dikenal dengan Boulevard Manado. Jokowi bersama Ibu Negara juga menikmati keindahan bawah laut Bunaken.



Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA