Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jul 2019 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Pulau Rinca, Tempat Jokowi Melihat Komodo

Afif Farhan
detikTravel
Presiden Jokowi di Pulau Rinca (Abdul Haris/detikcom)
Presiden Jokowi di Pulau Rinca (Abdul Haris/detikcom)
Labuan Bajo - Presiden Jokowi baru saja mengunjungi Pulau Rinca di NTT. Mari mengenali pulau yang merupakan habitatnya komodo, si Naga Purba!

Kamis (11/7/2019), Presiden Jokowi berkunjung ke Pulau Rinca. Bersama jajarannya serta Pemprov NTT dan pihak Taman Nasional Komodo, Jokowi melihat komodo di Pulau Rinca, berdiskusi soal pengembangan pariwisata di Labuan Bajo dan soal konservasi komodo.

"Kita tahu di sini (Taman Nasional Komodo-red) yang ada komodonya adalah di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Ini Pulau komodo kurang lebih ada 1.700 komodo dan di Pulau rinca kurang lebih ada 1.040 komodo," ujar Jokowi kepada awak media.

BACA JUGA: Apakah Pulau Komodo Tidak Ditutup, Tapi Jadinya Eksklusif?

Dalam catatan detikcom, Pulau Rinca berada sekitar 2 jam naik boat dari Pulau Komodo. Pulau Rinca punya luas 190-an km persegi.

Pulau Rinca merupakan zona inti taman nasional, sesuai Peta Zonasi Taman Nasional Komodo. Artinya, pulau ini merupakan rumah bagi komodo dan hidup secara liar.

Mengenal Pulau Rinca, Tempat Jokowi Melihat KomodoFoto: Komodo di Pulau Rinca (Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikcom)


Soal komodo di Pulau Rinca, ternyata ada perbedaan antara komodo di sana dan komodo di Pulau Komodo. Komodo di Pulau Rinca lebih agresif.

Hal itu dikarenakan cuaca di Pulau Rinca yang cukup terik dan konturnya didominasi padang savana. Kasus ranger diserang komodo lebih banyak di Pulau Rinca dibanding di Pulau Komodo.

Mengenal Pulau Rinca, Tempat Jokowi Melihat KomodoKomodo di Pulau Rinca yang ukurannya lebih kecil dibanding komodo di Pulau Komodo (Agung Pambudhy/detikcom)


Tapi, komodo di Pulau Komodo ukurannya lebih besar dibanding di Pulau Rinca. Tak ayal, sebabnya lebih banyak mangsa bagi komodo di sana karena pulaunya didominasi hutan yang lebat. Lebih banyak rusa dan hewan-hewan lainnya sebagai santapan komodo.

BACA JUGA: Kenali Lagi Komodo, Si Hewan Kanibal

Tahukah kamu, Pulau Rinca nyatanya dihuni penduduk. Penduduk di Pulau Rinca pun sudah lebih dulu ada dibanding Taman Nasional Komodo itu sendiri.

Mengenal Pulau Rinca, Tempat Jokowi Melihat Komodo Perkampungan di Pulau Rinca (Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikcom)


Pulau Rinca punya dua kampung yang jumlah penduduknya kalau ditotal sekitar 1.000-an orang. Dua kampung itu bernama Kampung Rinca dan Kampung Karora, yang mana lebih banyak penduduknya di Kampung Rinca.

Penduduk di Pulau Rinca bermatapencaharian sebagai nelayan. Namun kini, sudah banyak yang beralih pada bidang pariwisata dengan menjadi guide dan penyewa kapal.

Wisatawan pun bisa mampir ke kampung-kampungnya. Bertemu dengan penduduknya yang ramah, yang rasanya sudah terbiasa hidup dengan komodo. Rumahnya saja dibuat seperti model rumah panggung.

Tertarik datang ke Pulau Rinca?

Mengenal Pulau Rinca, Tempat Jokowi Melihat Komodo Padang savana di Pulau Rinca yang indah (Faela Shafa/detikcom)


Simak Video "Jokowi Ingin Sulap Labuan Bajo Jadi Wisata Premium"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA