Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Jul 2019 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Galungan Sepi, Pemilik Sewa Kano di Sanur Mengeluh

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Main kano di Pantai Sanur (Aditya/detikcom)
Denpasar - Kondisi Pantai Sanur yang sepi pengunjung saat Libur Galungan dikeluhkan oleh pemilik sewa kano. Pendapatan mereka turun.

Usai merayakan Hari Raya Galungan, umat Hindu di Bali merayakan Umanis Galungan. Momen ini biasa digunakan untuk untuk bersilaturahmi atau liburan bersama keluarga.

Tak terkecuali Komang Budiarta dan Ayu. Pasangan asal Gianyar ini memilih berwisata ke Pantai Sanur.

"Tujuannya memang mau ke Sanur mau ngajak main anak saya. Pas momennya libur," kata Ayu saat ditemui di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (25/7/2019).

Selain Ayu dan keluarganya, tak terlihat banyak pengunjung yang berwisata di Pantai Sanur. Ada beberapa keluarga dan remaja yang terlihat asyik bermain di pantai.

Sepinya kunjungan wisatawan itu juga dirasakan oleh Edi Yanto (44), pemilik jasa sewa kano di Sanur. Edi mengatakan selama musim liburan sekolah maupun libur Galungan pengunjung yang datang ke Pantai Sanur sudah tidak lagi sebanyak dulu.

"Kalau sekarang susah ya, sebelum tahun 2019 itu baru ramai, sekarang ini sepi sekali. Tapi yang merasakan bukan cuma saya saja tapi pedagang kecil yang lain juga," kata Edi.

Libur Galungan Sepi, Pemilik Sewa Kano di Sanur MengeluhSalah satu pengunjung Pantai Sanur (Aditya/detikcom)

Edi mengatakan selama beberapa hari ini dia juga mengeluhkan sepinya penyewa kano miliknya. Menurutnya faktor cuaca juga mempengaruhi berkurangnya kunjungan wisatawan.

"Mungkin takut karena airnya naik tinggi, musim angin juga, sepinya terus mulai liburan karena mungkin juga karena pengaruh ekonomi. Ini kan juga tumben jukung ada di sini kan," terang pria yang sudah 20 tahun menyewakan kano di Sanur ini.

Edi mengatakan saat ini pihaknya rata-rata hanya bisa menyewakan 5 kano per hari dengan upah Rp 20 ribu per kano. Padahal dia mulai membuka jasa penyewaan kano sejak pukul 07.00-18.00 Wita.

"Kemarin (Galungan) ya dihitungnya ramai itu saya cuma minjemin 5 kano aja. Kalau sekarang nggak ngitung perjam, pokoknya biar seneng. Kalau keadaan begini biar dia main sampai bosen sendiri. Lebih banyak tamu lokal karena kalau tamu asing banyak yang ke Nusa Penida karena ada wahana baru kan di sana," ceritanya.

Situasi Pantai Sanur (Aditya/detikcom)Situasi Pantai Sanur (Aditya/detikcom)

Pria asal Situbondo ini mengatakan saat ini jumlah kunjungan rombongan wisatawan lokal menggunakan bus dari Jawa juga sudah jauh berkurang. Saat ini kebanyakan juga lebih asyik berfoto-foto ketimbang main air.

"Kalau rombongan bus itu masih ada cuma nggak seperti dulu, kalau bus dari Jawa itu kan langusng ke sini anggaplah pantai Sanur itu selfie-selfiean mereka di hotel jalan-jalanlah," ucapnya.

Simak Video "Melihat Penangkaran Kuda Laut di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA