Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Agu 2019 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Bali Tegas! Turis Berulah Bakal Ditertibkan

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Ilustrasi turis di Bali (Afif Farhan/detikcom)
Ilustrasi turis di Bali (Afif Farhan/detikcom)
Denpasar - Selalu saja ada turis yang bikin ulah di Bali. Maka itu, Pemprov Bali bakal bikin aturan tegas soal etika berwisata!

Terbaru, ada turis dari Australia yang berulah dengan tendangan 'kungfu'. Diketahui, turis itu mabuk karena minuman beralkohol dan menendang pengendara motor sampai menabrakan diri di mobil.

BACA JUGA: Turis Tendangan 'Kungfu' di Bali, Jadi Pemberitaan Media Dunia

Selain itu, ada juga turis asal Ceko yang berulah di kawasan Monkey Forest Ubud, Bali. Keduanya menggunakan air suci yang mengucur dari pelinggih pura untuk 'cebok'.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan pihaknya bakal membuat aturan yang mengatur etika turis saat berwisata di Bali. Tujuannya, agar turis menghormati budaya yang ada di Bali.

"Ada, maka akan dirumuskan dulu. Tentu harus memberikan arahan, baik yang ada di Bali maupun pariwisata itu sendiri, agar menghormati budaya Bali, etika, dan estetika ketika berwisata ke Bali," kata Koster seusai apel HUT Provinsi Bali di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Rabu (14/8/2019).

FOKUS: Bali Vs Turis Gembel

Wayan Koster melanjutkan, Bali merupakan tujuan wisata dunia, namun saat ini ada sejumlah insiden yang kurang baik terjadi akibat ulah sejumlah turis asing. Koster berharap aturan yang ada nantinya akan membuat pengelolaan pariwisata di Bali lebih baik.

"Bali ini adalah daerah tujuan wisata dunia saat ini kita melihat langsung di sana sini ada hal yang kurang mengenakkan. Pada intinya memberi pesan agar penyelenggaraan pariwisata di bali ini harus ditata lebih baik dengan suatu regulasi," ujar Koster.

Gubernur Bali Wayan Koster (Aditya Mardiastuti/detikcom)Gubernur Bali Wayan Koster (Aditya Mardiastuti/detikcom)


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) juga menegaskan akan menertibkan turis yang bikin ulah di Bali. Hal itu demi menjaga suasana pariwisata yang kondusif bagi turis lain dan warga Bali.

"Yang tidak beretika, nanti ditertibkan," tegasnya.



Simak Video "Bule Panjat Tempat Pemujaan Hebohkan Kuta, Satpol PP Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED