Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Agu 2019 15:18 WIB

TRAVEL NEWS

4 Destinasi Wisata Jadi Fokus Pemerintah Tahun 2020

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Foto: (Teguh Tofik Hidayat/dTraveler)
Foto: (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)
Jakarta - Indonesia memiliki banyak potensi pariwisata. Hanya untuk tahun 2020, ada 4 destinasi yang akan diprioritaskan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato RUU APBN 2020 dan Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Menurut Jokowi, pemerintah mengutamakan 4 tempat utama untuk dikembangkan pariwisatanya.

"Di sektor pariwisata, pada tahun 2020 pemerintah memprioritaskan pembangunan empat destinasi wisata secara lintas sektor dan terintegrasi. Destinasi pariwisata tersebut meliputi Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika," kata Jokowi.

Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo dan Mandalika selama ini dikenal sebagai bagian dari program 10 Bali Baru yang dikembangkan Kemenpar sejak tahun 2016. Enam Bali Baru lainnya adalah Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Gunung Bromo (Jatim), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Dalam perkembangannya sejak Februari 2019, ada 4 dari 10 Bali Baru yang diangkat menjadi Destinasi Super Prioritas. 4 Destinasi ini paling maju perkembangannya, paling populer dan paling berpotensi untuk pengembangan pariwisata.

Anggaran besar pun digelontorkan untuk membangun 4 destinasi super prioritas ini sebesar Rp 64,4 triliun, seperti disampaikan Kemenpar pada Juli 2019. 4 Destinasi inilah rupanya yang kembali menjadi fokus untuk 2020.

Simak Video "Jokowi Akan Sulap Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Berkelas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED