Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Agu 2019 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

Merayakan Kemerdekaan Indonesia di Praha

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kemeriahan perayaan HUT Ri ke-74 di Praha, Rep Ceko (dok. KBRI Praha)
Kemeriahan perayaan HUT Ri ke-74 di Praha, Rep Ceko (dok. KBRI Praha)
Praha - Sebanyak 250 WNI di Praha, Republik Ceko merayakan HUT RI ke-74 dengan meriah. Beragam pertunjukan seni khas dipentaskan di acara ini.

Masyarakat dan diaspora Indonesia larut dalam kemeriahan perayaan HUT ke-74 RI yang dilaksanakan di Wisma Duta Besar RI Praha, Republik Ceko pada Sabtu (17/8) akhir pekan lalu.

Selain dihadiri oleh WNI yang tinggal di Republik Ceko, acara tersebut juga dihadiri oleh WNA yang merupakan diaspora Indonesia, antara lain alumni program Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Sebagian besar peserta, termasuk para WNA, hadir dengan mengenakan pakaian nasional Indonesia dengan berbatik dan berkebaya.

Peringatan HUT RI tersebut diawali dengan upacara pengibaran bendera yang berlangsung tertib dan khidmat, serta diakhiri dengan aubade lagu-lagu nasional yang dibawakan oleh Sanggar Kesenian Aceh Universitas Gajah Mada (SAKA UGM) Yogyakarta.

Tarian khas Aceh (dok. KBRI Praha)Tarian khas Aceh (dok. KBRI Praha)


Acara dilanjutkan dengan pentas kesenian dari SAKA UGM yang mempersembahkan beberapa tarian dari Aceh, tim Arumba KBRI Praha yang menampilkan lagu-lagu nasional, dan Kintari Foundation yang menampilkan Tari Piring dan Tari Lombok.

BACA JUGA: Hai Anak Milenial! Ini Pesan dari Penjaga Naskah Asli Proklamasi

Selain itu, pada acara tersebut, berbagai makanan khas Indonesia disajikan, antara lain rawon, bakso, dan urap sayur. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI Praha Kenssy D. Ekaningsih memberikan penghargaan peserta upacara dengan kostum terbaik kepada 3 (tiga) orang WNA yang mengenakan pakaian nasional Indonesia dengan berkebaya.

Pemenang lomba kebaya (dok. KBRI Praha)Pemenang lomba kebaya (dok. KBRI Praha)


Duta Besar Kenssy menyampaikan bahwa pemberian penghargaan kostum terbaik ini merupakan bentuk apresiasi KBRI Praha terhadap para peserta, terutama para WNA, yang ikut mempromosikan budaya Indonesia.

"Kami sangat terharu dan menghargai kemauan para peserta dalam mendukung pelestarian budaya Indonesia dengan berkebaya," ujarnya.

Selain memberikan penghargaan kostum terbaik, KBRI Praha juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba pidato Bahasa Indonesia bagi WNA. Lomba tersebut diikuti oleh WN Ceko yang merupakan alumni program Darmasiswa.

Simak Video "Comeback Republik Ceko Bikin Inggris Merana"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA