Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Agu 2019 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Kelas Penumpang dan Fasilitas Kereta Api

detikTravel
Ilustrasi kelas penumpang kereta api (Antara Foto)
Ilustrasi kelas penumpang kereta api (Antara Foto)
Jakarta - Kereta api jarak jauh bisa jadi pilihan traveler untuk menuju kota destinasi wisata. Kelas penumpang bukan cuma bisnis atau eksekutif, ada lagi tipe-tipe terbaru.

Tak kenal maka tak sayang, begitulah ungkapan yang sering kali kita dengar. Kali ini detikcom ingin mengajak traveler untuk mengenal moda transportasi kereta api.

Kereta api dikelola oleh PT KAI. Kereta api sendiri dibagi ke dalam dua jenis lokal dan jarak jauh. Kereta api yang akan dibahas kali ini adalah jarak jauh.

Kereta api jarak jauh membentang sepanjang Pulau Jawa. Ada 4 kelas penumpang yang dikelola oleh PT KAI, yaitu eksekutif, bisnis, premium dan ekonomi.

Perbedaan paling mendasar dari 4 kelas ini adalah tempat duduk dan penumpang dalam satu gerbong. Kelas eksekutif hanya dapat diisi oleh 50 penumpang, bisnis berkapasitas 64 penumpang, premium dengan 64 penumpang dan ekonomi 106 penumpang, selebihnya tak jauh beda seperti AC dan TV.

Kalau dari jumlah penumpangnya, kelas bisnis dan premium tidak memiliki perbedaan. Apa yang membedakan dua kelas ini?

"Bisnis buatan lama, perlahan akan kita hilangkan dan digantikan dengan premium. Bedanya diharga, kemudian fasilitas berupa colokan listrik dan seat (tempat duduk) yang sudah reclining (bisa rebah)," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, di Kantor Jakarta Railway Station.

Selain dari 4 kelas penumpang tersebut, PT KAI juga punya kelas penumpang VVIP. Namanya Kereta Sleeper dan Kereta Wisata.

Gerbong KA Wisata Jawa (Shinta Angriyana/detikTravel)Gerbong KA Wisata Jawa (Shinta Angriyana/detikTravel)

Kereta wisata adalah gerbong dengan kelas priority yang digandeng dengan kelas eksekutif. Bedanya ada di interior yang lebih mewah, kapasitas penumpang 28 orang dan hiburan personal berupa LCD TV dan meja portable dalam kelas priority.

Lain lagi Kereta Sleeper, jenis ini dibagi dua tipe, luxury 1 dan luxury 2. Perbedaan kelas ini berada pada jumlah penumpang dan tempat duduk.

Luxury 1 memiliki kapasitas 18 penumpang, dengan tempat duduk yang bisa diubah hingga 170 derajat. Sedangkan Luxury 2 berisi 26 penumpang dengan tempat duduk hingga 145 derajat.

Kereta Sleeper dan wisata tak tersedia di semua rute. Namun 4 kelas utama bisa traveler nikmati di semua rute.

Wah ternyata banyak juga ya tipe-tipe gerbong kereta api. Nantikan artikel lainnya tentang kereta api dalam Travel Highlight: Liburan Pertama Naik Kereta.

Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA