Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Agu 2019 14:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kapal Penyeberangan Dongkrak Kunjungan Wisata di Rote

Syanti Mustika
detikTravel
Kapal Cepat ke Rote (Syanti/detikcom)
Kapal Cepat ke Rote (Syanti/detikcom)
Jakarta - Salah satu akses untuk menjangkau Pulau Rote adalah kapal laut. Peran kapal penyeberangan berpengaruh pada wisata Rote.

detikcom bersama Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub datang ke Rote dalam tajuk 'Menyambung Nusantara, Merajut Bangsa'. Kami pun menyeberang dari Kupang ke Rote menggunakan kapal cepat.

Adanya sarana transportasi penghubung Kupang-Rote ternyata juga berpengaruh bagi wisatawan. Jalur laut dan udara membuat Rote mudah dijangkau.

"Bicara soal destinasi antar pulau, tentu sarana transportasi berperan penting. Jika transportasi penghubung baik, tentu arus kunjungan wisatawan juga meningkat. Bagaimanapun cantik sebuah destinasi, sarana penghubung ke sana tetaplah menjadi poin utama," ujar oleh Kepala Dinas Pariwisata Rote, Melkias R Rumlaklak saat dihubungi detikcom, Jumat (30/8/2019).

Adanya sarana transportasi laut dan udara yang menghubungan Rote dengan Kupang membuat turis mudah datang ke Rote. Jumlah kunjungan setiap tahunnya meningkat.

"Dampak adanya kapal dan pesawat sangat terasa. Jumlah kunjungan tiap tahunnya mengalami kenaikan. Walau tidak signifikan dan besar, namun jumlahnya terus bertambah tiap tahunnya," tambah Melkias.

Berdasarkan data penumpang yang naik dan turun ke Rote menggunakan kapal selama 2 tahun terakhir angkanya mengalami kenaikan. Data ini berdasarkan pergerakan penumpang yang diterima detikcom dari Kantor UPP Kelas III Pelabuhan Ba'a di Rote.

Di tahun 2017, total penumpang yang datang ke Rote yang masuk melalui Pelabuhan Ba'a berjumlah 50.214 orang. Sedangkan yang masuk melalui Pelabuhan Pantai Baru ada 73.360 orang.

Pada tahun 2018, jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Ba'a berjumlah 60.533 orang. Penumpang di Pelabuhan Pantai Baru berjumlah 91.748.

Berdasarkan data di atas terlihat bagaimana adanya kenaikan jumlah penumpang. Dengan adanya kenaikan ini membuktikan bahwa transportasi laut ke Rote mulai diperhatikan dan menjadi kebutuhan warga dan wisatawan.

Simak Video "Misteri Batu Kapal dan Jangkar yang Tertinggal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA