Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Agu 2019 09:23 WIB

TRAVEL NEWS

Rahasia di Balik Nama Kereta Api di Indonesia

Bonauli
detikTravel
Kereta Argo Cheribon (Foto: Dok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)
Kereta Argo Cheribon (Foto: Dok. Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)
Jakarta - Argo Muria, Argo Bromo, Taksaka, Sembrani adalah segelintir nama kereta api yang mungkin pernah traveler dengar. Kali ini, detikcom akan membahas tentang pemberian nama kereta yang diberikan oleh PT KAI.

Ya, pemberian nama kereta api bukanlah hal yang sembarangan. Dalam satu rute ada beberapa perjalanan dengan nama kereta yang berbeda. Nama-nama tersebut mengandung arti tersendiri.

"Pemberian nama kereta api sudah ada sejak dulu, PT KAI hanya meneruskan saja. Pemberian nama biasanya mengait daerah yang dilewati atau dituju," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama, PT KAI di Jakarta Railway Station, Jakarta.

Seperti misalnya Argo Muria, argo artinya gunung. Jadi kereta dengan nama Argo Muria akan melewati Gunung Muria dengan tujuan ke Semarang. Begitu pula dengan Argo Bromo ke Surabaya, Argo Parahyangan ke Bandung.


Tapi tak semua nama berupa daerah wisata lho. "Tidak semua dari daerah wisata yang populer, bisa juga dari tokoh atau nama orang. Seperti Taksaka," jelas Edi.

Taksaka adalah naga, putera dari Dewi Kadru dalam mitologi Hindu. Nama tokoh yang diberikan juga berkaitan dengan asal daerah. Begitu juga Sembrani tujuan Surabaya yang berarti kuda bersayap kendaraan raja.

"Pemberian nama ini juga harus ditanyakan kepada Pemda. Kira-kira nama daerah atau tokoh apa yang namanya mau diangkat," ungkap Edi.

Wah ternyata pemberian nama kereta api jarak jauh dipertimbangkan dengan sangat hati-hati. Kamu yang masih mau tahu tentang serba-serbi kereta api simak terus Travel Highlight: Liburan Pertama Naik Kereta.

Simak Video "Antimainstream! Lomba Menarik Gerbong Kereta Api 40 Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA