Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Sep 2019 11:30 WIB

TRAVEL NEWS

Mesti Tahu, Ini Hak dan Prosedur Keamanan Penumpang Kereta Api

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi penumpang kereta api (Agung Pambudhy)
Ilustrasi penumpang kereta api (Agung Pambudhy)
Jakarta - Setiap penumpang kereta ternyata punya hak untuk mendapatkan pelayanan nyaman. Tapi banyak yang tidak tahu.

Mengetahui hak dan prosedur keamanan naik kereta, akan membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan. detikcom merangkum beberapa hal yang nampaknya sederhana tapi sebenarnya sangat penting untuk diketahui.

1. Nomor pengaduan

Mari mulai dari hak kenyamanan dan keamanan dalam kereta api. Kalau layanan kereta tidak memuaskan Anda, silakan mengadu.

"Di setiap gerbong kereta api terdapat nomor pengaduan yang tercantum. Kalau penumpang merasa kurang nyaman, bisa telepon ke nomor tersebut untuk minta bantuan," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, di Jakarta Railway Center.

Nomor pengaduan yang diberikan bebas untuk digunakan oleh tiap penumpang. Jika traveler merasa pendingin ruangan di kereta kurang atau terlalu dingin, bisa juga disampaikan ke nomor pengaduan.

2. CCTV

Keamanan juga menjadi hak untuk penumpang kereta. Salah satu wujud dari menciptakan perjalanan yang aman adalah keberadaan CCTV.

Di stasiun dan kereta-kereta terbaru, PT KAI sudah memasang CCTV untuk keamanan pelanggan. Kalau ada pencurian barang dalam kereta akan mudah dideteksi oleh petugas kereta.

3. Bagasi penumpang

Bicara soal barang bawaan, setiap penumpang diberikan bagasi gratis sampai 20 kg atau bervolume 70x48x30cm. Kalau lebih dari 20 kg, penumpang akan dikenakan denda sesuai dengan kelas yang ditumpangi.

Untuk penumpang di kelas eksekutif akan dikenakan Rp 10.000 per kg. Kelas bisnis/premium akan dikenakan Rp 6.000 per kg. Sedangkan penumpang di kelas ekonomi akan dikenakan biaya Rp 2.000 per kg.

Peraturan ini mungkin tidak terlalu ketat diberlakukan. Mengapa?

"Hanya kita buat simpel di waktu reguler. Kalau mencurigakan akan langsung ditimbang. Kalau banyak-banyak juga kan nanti penumpang itu sendiri yang repot," jelas Edi.

Peraturan bagasi ini biasanya diberlakukan cukup ketat di musim libur Lebaran dan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Sehingga semua penumpang bisa menempatkan bagasi sesuai dengan kapasitas.

4. Service recovery

Lanjut lagi soal Service Recovery. Layaknya pesawat yang delay, kereta yang terlambat pun punya tanggung jawab kepada penumpang. Penumpang yang keretanya telat lebih dari 3 jam akan mendapatkan makan.

"Jarang sekali kereta terlambat, tapi kalau iya penumpang pasti akan ditanggung oleh KAI," tutur Edi.

Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA