Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Sep 2019 22:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Sedih Suami Istri Meninggal Karena Kebakaran Hutan Amazon

Afif Farhan
detikTravel
Kebakaran di hutan Amazon (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Kebakaran di hutan Amazon (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Porto Velho - Ada kisah sedih dari kebakaran hutan di Amazon. Sepasang suami istri meninggal di dalam hutannya, mempertahankan tempat tinggal dari lalapan api.

Dilansir dari BBC, Minggu (1/9/2019) pasangan itu bernama Romildo Rodrigues dan istrinya, Eidi Rodrigues. Mereka menempati rumah atau biasa disebut gubuk kayu di dalam hutan Amazon di Machadinho D'Oeste, sebuah desa di Negara Bagian Rondonia, bagian barat laut Brasil.

Mereka berdua sudah tinggal bertahun-tahun di sana. Kehidupannya bersumber dari hutan Amazon seperti berladang dan berternak. Mereka pun kerap kali berjuang melawan kebakaran hutan.

BACA JUGA: Amazon, Hutan Penuh Misteri yang Terbakar

13 Agustus kemarin, adalah hari yang mencekam bagi Romildo dan istri. Kebakaran hutan Amazon begitu hebat dan besar.

Kisah Sedih Suami Istri Meninggal Karena Kebakaran Hutan AmazonFoto: (BBC)


Mereka sudah memakai sekat kayu untuk menahan laju lalapan api. Segala cara dilakukan, agar api tidak menyebar lebih luas.

Tetangganya dan anak-anaknya sudah melarikan diri terlebih dulu. Sementara Romildo dan Eidi terus bertahan mempertahakan rumahnya dari api dan menjaga hutan di seklilingnya.

Sayang beribu sayang, mereka pun terpojok di dalam rumah. Depan, belakang, kiri dan kanan adalah api!

Kisah Sedih Suami Istri Meninggal Karena Kebakaran Hutan Amazon(REUTERS/Ueslei Marcelino)


Pihak kepolisian yang datang sehari setelahnya, menemukan jenazah pasangan suami istri tersebut. Jenazahnya dalam keadaan gosong terpanggang api.

"Saat itu sangat berangin. Api menyebar cepat dan tak ada waktu untuk lari," kata Jeigislaine Carvalho, salah satu anak Romildo kepada BBC.

Para tetangga berkata kepada polisi, pasangan ini menolak meninggalkan lahan mereka ketika kebakaran besar. Demi untuk mengawasi jalannya api.

Kisah Sedih Suami Istri Meninggal Karena Kebakaran Hutan AmazonFoto: (BBC)


Tahun ini, jumlah kebakaran di Amazon merupakan yang tertinggi sejak 2012. Ada lebih dari 82.000 kejadian antara Januari hingga Agustus. Ini 80% lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut data dari Brazilian Space Agency. Di negara bagian Rondonia saja, ada lebih dari 6.400 titik api sejauh ini.

Kisah Sedih Suami Istri Meninggal Karena Kebakaran Hutan Amazon(REUTERS/Ueslei Marcelino)


Kebakaran hutan sering kali terjadi pada musim kering di Brasil, tapi juga bisa disulut dengan sengaja dalam upaya penggundulan lahan secara ilegal untuk pembukaan lahan. Celakanya, petani-petani pun sering menggunakan api untuk membuka lahan.

Pemerintah Brasil menjadi sorotan. Organisasi lingkungan dunia meminta pemerintah Brasil untuk mengatasi masalah kebakaran hutan. Sebab tiap tahun, ada saja kebakaran hutan di sana dan tidak ada solusinya.



Simak Video "Dugaan di Balik Kebakaran Hutan Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA