Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Sep 2019 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi Lagi, Ini Imbauan Buat Wisatawan

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (kabargeologi/Instagram)
Bandung - Pagi ini, Rabu (4/9) Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi. Kawasan wisatanya pun direkomendasikan untuk sementara ditutup.

Dalam informasi dari PVMBG Badan Geologi KESDM, Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu yang dirangkum detikcom, Rabu (4/9/2019) erupsi Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat terjadi pada pukul 07.24 WIB. Ketinggian kolom abu teramit sekitar 100 meter dari dasar kawah.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi sekitar 58 detik.

View this post on Instagram

INFORMASI ERUPSI G. TANGKUBAN PARAHU Telah terjadi erupsi G. Tangkuban Parahu, Jawa Barat pada tanggal 04 September 2019 pukul 07:24 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 100 m dari dasar kawah. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi ± 58 detik. Selanjutnya erupsi menerus. Saat ini G. Tangkuban Parahu berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi: A. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati kawah yang ada di puncak G. Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 km dari kawah aktif. Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas. B. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan G. Tangkuban Parahu dan harap selalu mengikuti arahan BPBD setempat. Visual erupsi G.Tangkuban Parahu 4 September 2019 pkl. 07:24 WIB. Asap kawah putih tebal tinggi sekitar 200 meter dan tinggi kolom abu sekitar 100 meter dari dasar kawah. SUMBER DATA KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu https://magma.vsi.esdm.go.id/

A post shared by BADAN GEOLOGI (@kabargeologi) on Sep 3, 2019 at 6:24pm PDT



BACA JUGA: Tangkuban Perahu Erupsi, Ini 5 Destinasi Alternatif di Bandung

Saat ini Gunung Tangkuban Perahu berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu dan wisatawan diimbau tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 1,5 km dari kawah aktif. Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu pun direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas.

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan gunung. Serta diharap, selalu mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Simak Video "Berlibur di Tangkuban Perahu, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA