Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Sep 2019 09:24 WIB

TRAVEL NEWS

10 Negara dengan Industri Pariwisata Paling Kompetitif di Dunia

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi Ibiza di Spanyol (David Ramos/Getty Images)
Ilustrasi Ibiza di Spanyol (David Ramos/Getty Images)
Madrid - Pariwisata kini bukan saja hiburan, tetapi industri besar pendongkrak ekonomi negara. Bahkan, menjadi sebuah bisnis menguntungkan di dunia.

Apabila belasan tahun lalu tenaga bumi dan manusia menjadi sumber devisa negara dan bisnis, kini ada pemain baru di kancah internasional. Pariwisata menjadi sumber 'cuan' dan industri penghidupan ekonomi masyarakat dunia.

Tidak heran, apabila banyak negara yang memajukan pariwisata menjadi daya tarik dan sumber penghasilan. Mulai dari Utara ke Selatan, Barat ke Timur berbondong-bondong menarik turis agar dapat menguntungkan negara.

World Economic Forum merilis sejumlah negara dengan tingkat persaingan paling maju di dunia, seperti dirangkum detikcom pada Jumat (6/9/2019). Ada sejumlah faktor yang menentukan, yakni lingkup bisnis, keamanan, kebersihan, sumber daya manusia, keterbukaan dengan internasional, persaingan harga, proritas terhadap pariwisata, lingkup lingkungan dan alam, budaya, infrastruktur darat, laut dan udara, pusat informasi turis serta kesiapan secara digital.

Selain itu, WEF juga menghimpun data dari sejumlah organisasi dan instutusi. Seperti Bloom Consulting, IATA, UNWTO dan WTTC.

Dari 140 negara, Spanyol memimpin posisi pertama. Negeri Matador dianggap memenuhi aspek penilaian dengan baik, serta otomatis memimpin wilayah Eropa dari segi pariwisata yang kompetitif.

Menurut data WEF, Spanyol merupakan negara yang paling banyak dikunjungi posisi ke-2 dunia. Daya tarik utama Spanyol adalah sumber daya alam dan budayanya, selain itu juga menjadi tujuan pusat pertemuan internasional serta memiliki situs warisan budaya yang cukup banyak diakui UNESCO.

BACA JUGA: Fakta! 20 Negara yang Bisa Hidup dari Pariwisata

Spanyol memiliki sejumlah atraksi wisata dari berbagai aspek. Seperti berbagai bangunan tua, sport tourism di sejumlah kota yakni Barcelona dan Madrid, serta pemandangan alam ternama seperti di Ibiza dan Costa del Sol.

Negara Eropa pun paling banyak menduduki posisi 10 pertama. Seperti Prancis (2), Jerman (3), Italia (8) dan Swiss (10).

Lalu, apa kabar dengan Indonesia? Dari segala aspek penilaian tersebut, Indonesia berhasil menduduki posisi ke-40 dunia. Berada di atas Turki (43), Hungaria (48) dan Arab Saudi (69). Sejumlah negara ASEAN yang berada di atas Indonesia yakni Singapura (17), Malaysia (29) dan Thailand (31).

Berikut selengkapnya, 10 negara dengan pariwisata paling kompetitif di dunia:

1. Spanyol
2. Prancis
3. Jerman
4. Jepang
5. Amerika Serikat
6. Inggris
7. Australia
8. Italia
9. Kanada
10. Swiss

Simak Video "Mengenal Paella, Masakan Spanyol Berbahan Beras Bomba"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA