Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Sep 2019 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kerusakan Terumbu Karang di Makassar, Ini Kata Peneliti Laut

Bonauli
detikTravel
Bawah laut Kepulauan Spermonde (Ria Qorina/Green Peace)
Bawah laut Kepulauan Spermonde (Ria Qorina/Green Peace)
Jakarta - Kerusakan karang terus terjadi di lautan. Semakin mengkhawatirkan, peneliti karang ajak masyarakat untuk monitoring laut.

Kepulauan Spermonde di Makassar menjadi sorotan. Dari Ekspedisi yang dilakukan oleh Pembela Lautan Greenpeace Indonesia diketahui terumbu karang rusak parah.

Melalui pendataan bersama MSDC (Marine Science Diving Club) Universitas Hasanuddin, terumbu karang rusak karena bom dan bius dengan racun sianida, Rabu (4/9/2019). Peneliti karang pun angkat bicara.

"Iya, penggunaan bom dan sianida marak kembali. Sebetulnya sudah banyak sekali usaha dari Pemerintah, Lembaga nirlaba alias NGO maupun masyarakat sendiri untuk mencegah kejadian tersebut," ujar dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Dr Ir Diah Permata Msc kepada detikcom, Minggu (8/9/20019).

Kerusakan Terumbu Karang di Makassar, Ini Kata Peneliti Laut(Ria Qorina/Green Peace)

Diah juga menambahkan bahwa perlu adanya monitoring secara berkelanjutan. Selain itu upaya penyadaran atau edukasi juga perku dilakukan terus-menerus.

"Jika tidak, hal tersebut akan terulang kembali dengan alasan ekonomi," jelas Diah.

BACA JUGA: Potret Terumbu Karang Makassar yang Rusak Karena Bom

Selain itu, kontrol ketat harus diberlakukan atas hasil penjualan tangkapan yang berasal dari pengeboman atau bius menggunakan sianida. Kemudian perlu adanya pemberian efek jera supaya lebih efektif.

"Oleh sebab itu penggiatan monitoring oleh kelompok pengawas masyarakat menjadi langkah penting agar pencegahan bisa terus-menerus dilakukan. Ya, kalau kesadaran masyarakat belum ada, maka hal ini akan terulang kembali," papar Diah.

BACA JUGA: Ekosistem Bawah Laut Makassar Mulai Mengkhawatirkan

Simak Video "Sekret Mapala UMI Makassar Diserang Puluhan Orang, Papan Panjat Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA