Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Sep 2019 10:29 WIB

TRAVEL NEWS

Dongkrak Jumlah Wisatawan, Puncak Sail Nias 2019 Bakal Spektakuler

Mustiana Lestari
detikTravel
Foto: Pemkab Nias
Foto: Pemkab Nias
Jakarta -

Rangkaian acara Sail Nias 2019 akan mencapai puncaknya, Sabtu, 14 September 2019. Sejumlah acara dipersiapkan untuk menyambut event yang bakal dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo tersebut.

Untuk acara pertama akan digelar kontes surfing internasional bertajuk Nias Pro 2019 di Pantai Sorake, Nias Selatan, 10-15 September 2019. Persiapan sudah memasuki tahap akhir dengan mendirikan panggung, pembenahan jalan, listrik hingga yang utama kebersihan Pantai Sorake.

Rangkaian acara selanjutnya adalah pameran Nias Wonderful Expo di Lapangan Ororusa pada tanggal 11-15 September. Lalu pada Jumat (13/9), Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk melakukan kunjungan di cagar budaya nasional, Desa Bawomataluo . Di Desa Bawomataluo juga akan digelar acara adat dengan pemberian gelar pada Presiden Joko Widodo.

Sementara puncak acara Sail Nias 2019 akan diadakan di Pelabuhan Lama-Teluk Dalam, Nias Selatan. Agenda kegiatan di sana juga cukup banyak dan spektakuler yakni Festival Lompat Batu, Pagelaran Tari Kolosal Exotic Budaya Nias dengan 500 peserta, Parade Kapal Nelayan yang diikuti 14 paramotor dan 100 Kepala Nelayan.

Tak hanya itu puncak acara Sail Nias 2019 juga semakin meriah dengan atraksi terjun payung dari prajurit TNI AU dan TNI AL. Serta Flying Pass dari pesawat tempur TNI AU berjenis pesawat Hawk 100/200. Rombongan Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir untuk menyaksikan langsung puncak acara ini.

Sail Nias telah digelar sejak tahun 2009. Perhelatan ini diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang hadir ke sana. Untuk Sail Nias 2019 melibatkan empat kabupaten dan satu kota di Pulau Nias yakni Kabupaten Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias serta Kota Gunungsitoli.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan selain perikanan dan kelautan di Pulau Nias," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

"Kepulauan Nias layak dikembangkan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Kami proyeksikan akan ada kunjungan wisatawan sebesar satu juta orang pada tahun 2024 mendatang," ujarnya menambahkan.





Simak Video "Ubud Akan Jadi Percontohan Destinasi Kuliner Kelas Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA