Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Sep 2019 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

8 Ular Terbesar Dunia, Termasuk Raja Piton Hutan Kalimantan

Kris Fathoni W
detikTravel
Green anaconda alias Eunectes murinus, ular terbesar dunia. (Foto: Dok. MaRabelo/iStock)
Jakarta - Kebakaran hutan di Kalimantan ikut memakan korban "Raja Piton". Hewan langka itu sendiri merupakan salah satu spesies ular terbesar dunia yang hidup saat ini.

Sebagaimana diwartakan oleh themysteriousworld.com, si Raja Piton (Python reticulatus/Reticulated Python) di hutan Kalimantan itu menempati posisi kedua dalam daftar ular terbesar dunia, berdasarkan bobotnya, yang diketahui masih hidup saat ini.

Secara hitung mundur, di posisi kedelapan ada nama Boa Constrictor yang dapat tumbuh antara 12-18 kaki (3,6 sampai 5,4 meter) dan punya berat 45 kg. Ular ini di antaranya hidup hutan hujan dan savana kawasan Amerika Tengah dan Selatan.




Berikutnya ada Yellow Anaconda, yang disebutkan sebagai jenis anaconda terbesar kedua di dunia. Anaconda dewasa bisa tumbuh antara 10-15 kaki (3 sampai 4,5 meter) dengan bobot mencapai 60 kg. Danau dan rawa di Amerika Selatan menjadi habitatnya.

Amethystine Python berada di peringkat enam dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 6,5 meter dan bobot 90 kg. Ular yang juga disebut sebagai sanca permata ini dapat ditemui di wilayah Indonesia, Papua Nugini, dan Australia.

8 Ular Terbesar Dunia, Termasuk Raja Piton Hutan KalimantanAmethystine Python. (Foto: Dok. Carolyn Smith/iStock)

Di posisi kelima ada Indian Python, yang dapat ditemui di Asia Selatan. Ular ini dapat tumbuh sampai 6,4 meter dengan bobot mencapai 91 kg.

African Rock Python berada di peringkat keempat dan disebut sebagai ular terbesar di Afrika. Panjang maksimalnya mencapai kisaran 7,5 meter dan berbobot sampai dengan 114 kg.




Memasuki tiga besar ular terbesar yang masih hidup saat ini ada Burmese python, atau terkadang disebut pula sebagai sanca bodo atau sanca myanmar. Ular yang ditemui di Asia Tenggara ini punya panjang 5-7,6 meter dengan bobot mencapai 137 kg.

8 Ular Terbesar Dunia, Termasuk Raja Piton Hutan KalimantanReticulated Python, Raja Piton. (Foto: Facebook/Johan Michael Median Pasha)

Di posisi kedua ada Reticulated Python, Raja Piton, yang ditemui sebagai korban kebakaran hutan di Kalimantan. Sejumlah sumber menyebut ular ini sebagai sanca kembang yang bisa mencapai bobot 113-158 kilogram dengan panjang 8,5 meter sampai 10 meter.

Green Anaconda, atau anaconda hijau (Eunectes murinus), adalah spesies ular terbesar yang masih eksis di dunia saat ini. Panjangnya mencapai 5-9 meter dengan bobot bisa mencapai 250 kg, dengan ukuran yang betina melampui pejantannya. Ditemui di wilayah Amerika Selatan.




Simak Video "Penampakan Ular Piton Jumbo yang Turun ke Permukiman Warga di Maros"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA