Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Sep 2019 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

China Buka Bandara Bintang Laut Raksasa

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel

Halaman 1 dari 3

Bandara Internasional Daxing (CNN)
Bandara Internasional Daxing (CNN)

Jakarta - Perkenalkan Bandara Internasional Daxing Beijing, China. Siap dioperasikan, Bandara Daxing yang bentuknya mirip bintang laut ini bakal masuk ke jajaran bandara raksasa di dunia.

Dilansir CNN, China siap untuk membuka bandara baru di selatan Beijing. Sebagai pusat penerbangan tersibuk kedua di dunia, Bandara Daxing akan dibuka menjelang peringatan ke-70 Republik Rakyat China.

Penerbangan komersial pertama di Bandara Internasional Beijing Daxing (PKX) akan lepas landas sekitar tanggal 20 September. Penyewa utama bandara itu adalah China Southern dan berencana menggunakan Airbus A380, pesawat terbesar di dunia dalam penerbangan perdananya itu.

Bandara 'Bintang Laut' Daxing sangat dinanti-nantikan sebagai pengantar era baru dalam dunia penerbangan ke dan dari ibu kota China. Pihaknya sangat membutuhkan gerbang global kedua. Bandara Internasional Ibu Kota Beijing (PEK) saat ini telah mencapai kapasitasnya. Sehingga, hampir tidak mungkin bagi maskapai penerbangan untuk menambah jadwal penerbangan.

Pada 2018, lebih dari 100 juta wisatawan melewati tiga terminalnya dan menjadikannya bandara kedua di dunia yang melewati batas kapasitas lalu lintas penumpang setelah Hartsfield-Jackson Atlanta. China diproyeksikan akan melampaui Amerika Serikat sebagai pasar industri penerbangan terbesar di dunia pada tahun 2022.

Bandara Daxing bernilai miliaran dolar, dirancang oleh almarhum arsitek Zaha Hadid dan mitra-mitra lainnya. Dibangun untuk masa depan, ada empat landasan pacu dan terminal seukuran 97 lapangan sepakbola setelah pembukaan tahap pertamanya nanti, serta adanya layanan robot bagi penumpang.

(Halaman selanjutnya: Target layanan Bandara Bintang Laut)


(msl/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA