Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Sep 2019 06:13 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Airbus A340-600 Jadi Meja, Rak, hingga Gantungan Kunci

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel

Halaman 1 dari 2

Gantungan kunci dari badan pesawat Lufthansa (CNN/Lufthansa)
Gantungan kunci dari badan pesawat Lufthansa (CNN/Lufthansa)

Jakarta - Pernah membayangkan pesawat Airbus A340-600 yang sudah tak beroperasi diubah jadi meja hingga gantungan kunci? Tak perlu berangan-angan karena itu sudah diwujudkan.

Dilansir CNN, Jumat (20/9/2019), pesawat yang sudah tidak beroperasi biasanya akan dibongkar untuk diambil bagian-bagian yang masih berguna untuk dipakai. Sisanya akan berakhir di kuburan pesawat dan beberapa ada yang digunakan sebagai restoran atau hotel kekinian.

Namun, Lufthansa melakukan hal yang agak berbeda dengan pesawat Airbus A340 600-nya yang sudah pensiun. Maskapai dari Jerman itu mengubah pesawat yang berkode registrasi D-AIHO jadi produk baru yang bisa dikoleksi wisatawan.

Proses penciptaanya adalah program bersama antara Lufthansa, Miles & More GmbH, dan Lufthansa Technik. Lufthansa Upcycling Collection namanya dan dibuat dari bagian-bagian pesawat yang ditarik setelah 10 tahun pelayanan.

Bilah dan panel samping pesawat telah diubah menjadi meja kopi, sementara meja terpisah dibuat dari dua jendelanya dan selembar kaca pengaman. Empat dari jendela lainnya diubah menjadi dinding yang elok, dan 20 lainnya telah dibuat menjadi jam dinding.

Berapa harganya? Meja dihargai antara USD 1.550 atau Rp 21,7 juta hingga USD 3.300 atau Rp 46,4 juta, sedangkan panel dinding dihargai antara USD 1.327 atau 18,6 juta hingga USD 1.660 atau Rp 23,3 juta. Dan inilah yang paling menarik untuk diburu yakni gantungan kunci yang bebahan dinding pesawat dengan harga USD 27 atau Rp 379 ribu.

"Hal khusus tentang Lufthansa Upcycling Collection adalah bahwa semangat pesawat dapat dipertahankan," kata Sebastian Riedle, juru bicara dan direktur pelaksana Miles & More GmbH.

(Halaman selanjutnya: Tentang Pesawat Airbus A340-600 Milik Lufthansa) (msl/msl)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA