Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Sep 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan di Sinabang Lupa Bawa Uang Tunai? Ini Solusinya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Warga yang mengantre ATM di Bank BRI Sinabang (Randy/detikcom)
Warga yang mengantre ATM di Bank BRI Sinabang (Randy/detikcom)
Simeulue - Salah satu kendala dalam berwisata adalah saat tak bawa uang tunai. Tapi hal itu tak perlu dirisaukan saat melancong ke Kabupaten Simeulue, Pulau Sinabang. Ada solusinya kok.

Ketika berwisata ke pantai atau pulau yang jauh dari kota atau minimarket, seringkali traveler tak membawa uang tunai cukup untuk transaksi di lapangan. Masalahnya, tak sedikit yang menyadari hal itu saat sudah tiba di lokasi.

Di era serba digital ini, kenyamanan transaksi digital kerap membuat traveler lupa membawa uaang tunai. Padahal kalau di daerah, mayoritas transaksi masih begitu konvensional dan bersifat fisik.

Masalah serupa juga ditemui detikcom saat berwisata di Pulau Sinabang, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh pada 28 Agustus-5 September 2019 lalu. Kebetulan, detikcom hanya membawa sedikit uang tunai setelah transit di Bandara Kualanamu Deli Serdang.

ATM BRI Sinabang (Randy/detikcom)ATM BRI Sinabang (Randy/detikcom)

Jika kamu mengalami masalah serupa, tidak usah khawatir. Pasalnya, telah ada jaringan Bank BRI di Sinabang. Selain memiliki kantor tepat di pusat kota, terdapat juga ATM di mana traveler bisa melakukan penarikan uang dan transaksi lainnya. Itu kalau traveler singgah di kotanya.

Lantas bagaimana kalau traveler kehabisan uang tunai saat pelesir ke destinasi lain di Simeulue yang berjarak lumayan dari kota? Sekali lagi, traveler tak usah khawatir.

Bank BRI memiliki agen BRILink, istilah untuk kepanjangan tangan Bank BRI di daerah yang sulit dijangkau. Walau tak dilengkapi dengan mesin ATM, traveler tetap bisa melakukan penarikan tunai dan melakukan transfer uang di agen BRILink yang jadi mitra Bank BRI.

Hal itu pun dibuktikan oleh detikcom saat berwisata ke Sibigo, Kecamatan Simeulue Barat yang berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari pusat kota. Memang benar, saya bisa mengambil uang dari agen BRILink bernama Taufik yang berada di lokasi. Kebetulan beliau juga memiliki usaha toko kelontong.

"Kadang anaknya (warga Sibigo) perlu Rp 200 ribu, transfer lewat sini," ujar Taufik.

Kepala Unit BRI Sinabang, Deny Syahputra (detikcom)Kepala Unit BRI Sinabang, Deny Syahputra (detikcom)

Keberadaan agen BRILink itu pun diamini oleh Kepala Unit BRI Sinabang yang bernama Deny Syahputra. Dijelaskan Deny, agen BRILink berfungsi sebagai cabang BRI di daerah.

"Agen BRILink salah satu mitra BRI kepanjangan tangan kita untuk mencapai nasabah yang agak jauh. Mereka kita ajarkan dan kasih fasilitas mesin untuk melayani perbankan sebagaimana mestinya," ujar Deny.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Kembangkan Pariwisata, Pengusaha Resort Temui Kendala"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA