Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Sep 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Negeri di Atas Awan Gunung Luhur Belum 'Sempurna'

Afif Farhan
detikTravel
Panorama Negeri di Atas Awan di Gunung Luhur (istimewa/Rizki Ramadan)

FOKUS BERITA

Negeri di Atas Awan
Lebak - Gunung Luhur di Banten ramai dibicarakan sebagai Negeri di Atas Awan. Tetapi kesiapannya sebagai destinasi wisata memang belum sempurna.

Wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur di Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Lebak mendadak viral sehingga dikunjungi ribuan wisatawan sampai macet akhir pekan lalu. Hal itu pun membuat heboh sosial media.

BACA JUGA: Cerita Traveler Lihat Kemacetan di Negeri di Atas Awan

Rizki Ramadan, salah seorang travel blogger d'Traveler di detikTravel, pada pekan lalu juga berkunjung ke sana. Dia melihat sendiri kemacetan yang panjang sampai berkilo-kilometer akibat antusiasme tinggi para pengunjung.

"Banyak yang dari Jakarta sepertinya, banyak plat B kok," terang Rizki kepada detikcom, Selasa (24/9/2019).

Rizki menjelaskan, Gunung Luhur memang memiliki panorama yang indah memesona. Ketika sunrise, terlihat lautan awan menyelimuti Kampung Ciusul yang berada di lembah dan dikelilingi bukit. Saat itulah terlihat pemandangan Negeri di Atas Awan.

Negeri di Atas Awan Gunung Luhur Belum 'Sempurna'Foto: (istimewa/Rizki Ramadan)


BACA JUGA: Kumpulan Negeri di Atas Awan Kebanggaan Indonesia

Namun Rizki punya pendapat, menurutnya Gunung Luhur belum siap sepenuhnya menjadi destinasi wisata. Sebabnya, beberapa fasilitas penunjang pariwisata belum tersedia.

"Bisa dibilang, sebenarnya Gunung Luhur ini belum siap," tegas Rizki.

"Fasilitas masih kurang, jalanan masih rusak, toilet belum ada, tempat parkir belum banyak dan sinyal telefon juga tidak ada. Tampaknya, belum bisa menampung banyak pengunjung," tambahnya.

Negeri di Atas Awan Gunung Luhur Belum 'Sempurna'Foto: (istimewa/Rizki Ramadan)


Dalam pengamatan Rizki saat berbincang dengan warga sekitar, Gunung Luhur dibenahi sebagai tempat wisata oleh masyarakat Kampung Ciusul dan sekitarnya. Mereka memasang papan kayu untuk spot foto dan mempromosikannya lewat media sosial.

"Tentu, pariwisata bisa menjadi sumber perekonomian di sini. Hanya saja itu tadi, mungkin fasilitas penunjang pariwisata dan hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata bisa dibenahi terlebih dulu," tutupnya.






Simak Video "Pesona Puncak Bukit Senayan di Polman, Bak Negeri di Atas Awan"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)

FOKUS BERITA

Negeri di Atas Awan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA