Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Okt 2019 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Peneliti Temukan Peninggalan Zaman Purba di Lapangan Tembak TNI

Afif Farhan
detikTravel
(Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)
(Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)
Papua - Baru-baru ini, peneliti arkeologi di Papua menemukan peninggalan zaman purba di lapangan tembak TNI. Seperti apa penemuannya?

"Penelitian arkeologi di lapangan tembak Kodam XVII/Cenderawasih, Gunung Bakso, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua berhasil menemukan tinggalan megalitik berupa bongkahan batu besar yang pada masa prasejarah berfungsi sebagai lumpang," papar Hari Suroto, peneliti dari Balai Arkeologi Papua kepada detikcom, Sabtu (5/10/2019).

Hari menjelaskan, lumpang batu terdiri dari bidang atas berupa cekungan atau lubang (tidak tembus) berukuran 20-35 cm yang terletak relatif di bagian tengahnya. Bagian bidang samping merupakan badan lumpang.

Asal tahu saja, tinggalan megalitik berusia sekitar 2.500 tahun!

Lumpang yang ditemukanLumpang yang ditemukan (Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)


BACA JUGA: Penemuan Langka di Papua: Ikan Kepala Buaya

Cekungan atau lubang lumpang merupakan bagian terpenting dari alat ini. Jenis batuan yang dipakai untuk batu lumpang ini berupa batu gabro, jenis batuan yang banyak terdapat di Gunung Bakso.

"Lumpang ini berfungsi untuk menumbuk biji-bijian atau menumbuk ramuan tumbuhan. Hal ini terlihat pada permukaan yang aus serta bentuk cekungan yang dalam serta menunjukkan keausan akibat pemakaian (pengerusan)," jelas Hari.

Peneliti Temukan Peninggalan Zaman Purba di Lapangan Tembak TNI(Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)


Selain itu pada permukaan bongkahan batu terdapat lukisan prasejarah yang sudah aus. Lukisan ini dibuat dengan menggores batu, teknik menggambar ini memiliki kesamaan dengan Situs Megalitik Tutari di Doyo Lama, Kabupaten Jayapura.

Istilah Gunung Bakso sendiri berasal dari masyarakat Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, yang sering makan bakso di jalan masuk ke lapangan tembak. Di tempat tersebut menjadi pangkalan tukang bakso keliling untuk beristirahat.

Peneliti Temukan Peninggalan Zaman Purba di Lapangan Tembak TNI(Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)


Tentu, penemuan tinggalan megalitik yang berusia ribuan tahun lalu tersebut akan terus diteliti. Kehidupan zaman purba di Papua penuh banyak cerita, dari bagaimana tradisi hidupnya sampai peninggalan lukisan-lukisan purba.

BACA JUGA: Misteri Lukisan Purba di Papua: Gambarnya Bumerang

Simak Video "Latar Belakang Pemuda Papua yang Sambangi KSP: Mahasiswa hingga Pilot"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA