Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Okt 2019 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bunga Bangkai Langka asal Padang Sedang Mekar di Kebun Raya Bogor

Farhan
detikTravel
Foto: (Farhan/detikcom)
Bogor - Tanaman langka Amorphophallus Gigas atau bunga bangkai koleksi di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, kini sedang mekar. Seperti apa bunga ini?

Asal tahu saja, tanaman asal Padang Sidempuan ini menjadi satu-satunya koleksi di Kebun Raya Bogor. Peneliti LIPI Saniatun Marastus Shalihah mengatakan, sejak awal bulan bunga bangkai ini terus berkembang dan menambah ketinggian hingga 10 centimeter setiap harinya.

Menurutnya, Bunga Bangkai dari jenis Amorpophallus Gigas ini kemudian mulai mekar sejak Sabtu (5/10/2019) dan mekar secara sempurna pada Hari Minggu (6/10/2019). Bunga Bangkai dengan habitat asli di Padang Sidempuan, Sumatera ini biasanya hanya bertahan selama 3 hari.

Saat ini, ketinggian Amorphophallus Gigas mencapai 2,9 meter dan mulai mengeluarkan bau tidak sedap. Nampak puluhan lalat terus berkerumun pada yang berwarna ungu tersebut. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan pengunjung untuk tetap mendekat dan mengabadikan mekarnya bunga langka ini.

Bunga Bangkai Langka Asal Padang Sedang Mekar di Kebun Raya BogorFoto: (Farhan/detikcom)


"Ini kebetulan ya, mungkin karena cuaca, nggak hujan. Biasanya kalau hujan itu paling cuma dua hari. Kemungkinan sampai besok masih bisa bertahan (mekar)," kata Sani ditemui di Kebun Raya Bogor, Senin (7/10/2019).

BACA JUGA: Jarang Terlihat! Penampakan Macan Tutul di Halimun Salak

Sani menyebut, bunga bangkai ini pertama kali dikoleksi pada awal Januari 2007. Tanaman langka yang diambil dari hutan ini mekar untuk kedua kalinya sejak mulai ditanam.

"Sebenarnya yang benar-benar langka itu, bunga bangkai jenis ini ya, ini juga satu-satunya di Kebun Raya Bogor. (Bunga) Ini mekar untuk yang kedua kalinya sejak ditanam 2007," kata Sani.

Bunga Bangkai Langka Asal Padang Sedang Mekar di Kebun Raya BogorFoto: (Farhan/detikcom)


Sementara itu, peneliti LIPI lainnya, Inggit Pujastuti menyebut Amarpophallus Gigas ini memiliki saudara dekat yakni Amorphophallus Titanium yang kini menjadi koleksi lainnya di Kebun Raya Bogor. Ia menyebut, tanaman inilah yang sebenarnya disebut bunga bangkai.

"Jangan keliru antara (Raflesia) Fadma dengan Amorphophallus. Kalau Padma dari keluarga Raflesia itu tanaman parasit sejati, sedangkan kalau amorphopalus itu adalah tumbuhan yang benar-benar tumbuhan," kata Pujiastuti.




Simak Video "Kebun Raya Bogor Sudah Dibuka Kembali untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA