Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Okt 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pedagang dan Sopir di Area Kawah Putih Ikut Bantu Atasi Api

Wisma Putra
detikTravel
Hutan Kawah Putih yang terbakar (Wisma Putra/detikcom)
Hutan Kawah Putih yang terbakar (Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Kebakaran hutan (karhut) melanda lahan di objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pedagang dan sopir di lokasi rupanya ikut terlibat dengan cara masing-masing agar api segera teratasi.

Objek wisata Kawah Putih sudah ditutup untuk sementara akibat karhut, Selasa (8/10/2019). Hal itu membuat pengunjung tidak bisa menyambangi lokasi tersebut. Terkait itu, pedagang setempat pun memilih tutup lapak.

"Harus tutup sementara karena kan objek wisata ini tutup karena kebakaran dan tidak ada pengunjung," Lilis Rohaeti, penjual makanan ringan, saat dijumpai di kios miliknya.

Pedagang dan Supir di Area Kawah Putih pun Bantu Atasi ApiFoto: Wisma Putra/detikcom

Lilis mengungkapkan kebakaran hutan yang membuat tutupnya objek wisata Kawah Putih membuat omzetnya turun. Padahal per hari ia bisa mengantungi Rp 400-500 ribu. Ia pun berharap kebakaran hutan bisa segera padam.

"Semoga cepat padam biar kita punya penghasilan lagi. Ini kebakaran kedua, tapi yang pertama bisa dipadamkan dan tidak sempat ditutup," ujarnya.




Lilis menambahkan ada sekitar 100 kios di objek wisata Kawah Putih yang menjual makanan hingga oleh-oleh. Karena tidak bisa berjualan, Lilis dan pedagang lain memilih membantu membuat makanan untuk para relawan.

"Kita gotong royong sukarela, para pedagang masak, tiap kios masak, membuat makanan untuk relawan yang memadamkan api biar masalahnya diselesaikan bareng-bareng," tambahnya.

Pedagang dan Supir di Area Kawah Putih pun Bantu Atasi ApiFoto: Wisma Putra/detikcom

Selain itu, ontang-anting atau kendaraan wisata tidak beroperasi. Hal itu terlihat dari puluhan mobil ontang-anting yang diparkir.

Para sopir ontang-anting memilih menjadi relawan untuk melakukan pemadaman api, salah satunya Ayi Cahyana.

"Penarik ontang-anting sama, tidak narik. Kami memilih bantu memadamkan api. Ada sekitar 67 orang, kami semuanya ikut madamin api agar objek wisata ini segera dibuka kembali," pungkasnya.

Simak Video "Api Masih Berkobar, Obyek Wisata Kawah Putih Ditutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA