Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Okt 2019 21:11 WIB

TRAVEL NEWS

Pulau Bulat Keluarga Cendana, Nasibmu Kini

Tim
detikTravel
Pulau Bulat terkini di  Kepulauan Seribu (widiarini/dTraveler)
Pulau Bulat terkini di Kepulauan Seribu (widiarini/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Dahulu, Pulau Bulat di Kepulauan Seribu merupakan tempat berlibur Keluarga Cendana yang punya pengaruh besar di Indonesia. Berikut fakta terkini pulau yang disebut masih dimiliki keluarga Cendana itu.

Pada zaman jayanya, Pulau Bulat kerap dikunjungi oleh Keluarga Cendana untuk berlibur. Pulau yang dimiliki oleh Keluarga Cendana itu memang strategis, karena berlokasi tak jauh dari Jakarta.




Hal itu pun diungkapkan oleh Kabag TU Kepulauan Seribu, Neneng, saat dihubungi detikcom, Senin (14/10/2019). Neneng diketahui telah bekerja di Sudinparbud Kepulauan Seribu sejak 2001 silam.

"Iya masih (milik Keluarga Cendana), walaupun nggak terurus juga sih," ujar Neneng.

Kondisi cottage di sanaKondisi cottage di sana (widiarini/d'Traveler)

Dahulu jadi tempat liburan Keluarga Cendana, kini Pulau Bulat dijaga oleh orang kepercayaan. Penginapan yang dahulu dipakai oleh Keluarga Cendana berlibur kabarnya juga dibiarkan begitu saja.

"Nggak ada apa-apa, cuma kayak penginapan gitu. Dulu kan tempat beristirahat mereka. Ya di situ ada bekas penginapan gitu, cottage," ujar Neneng.




Neneng pun menjelaskan, Pulau Bulat sedianya bukan merupakan pulau wisata seperti Pulau Bidadari atau Pulau Tidung. Namun, wisatawan diperbolehkan berkunjung ke sana untuk berwisata.

"Memang bukan pulau wisata, kecuali kenal sama penjaga atau keluarga. Nggak komersil. Datang saja sih bisa, misalnya kita bawa kapal nanti diterima sama yang nunggu pulau," terang Neneng.

Sunset di Pulau Bulat Sunset di Pulau Bulat (Derid/d'Traveler)

Sebelumnya, salah satu d'Traveler yang bernama Widiarini juga sempat berlibur ke pulau milik Keluarga Cendana tersebut. Ia pun mendapati sisa kejayaan Pulau Bulat.

"Sebuah WC umum, rumah tua yang sudah rusak dan bolong-bolong. Selain rumah tua tadi, di pulau ini terdapat pendopo luas, villa mewah dua lantai, helipad, speedboat dan bangunan penyimpanan mesin jetset. Meski fasilitas yang mendukung cukup banyak, namun sebagian besar sudah tidak berfungsi sama sekali," tulisnya.

Untuk mencapai Pulau Bulat, traveler bisa naik perahu bermotor dengan durasi perjalanan kurang lebih 20 menit dari Pulau Harapan.




Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA