Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Okt 2019 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Daging Babi Bikin Turis Vietnam Dicekal Masuk ke Australia

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi daging babi panggang. (Foto: iStock)
Ilustrasi daging babi panggang. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang turis Vietnam dilarang masuk ke Australia selama 3 tahun. Itu semua gara-gara daging babi. Begini kisahnya.

Nasib apes ditimpa oleh seorang turis Vietnam yang datang ke Australia. Dia dipulangkan ke negaranya setelah kedapatan membawa daging babi. Yang jadi perkara, ia tidak melaporkan barang bawaannya tersebut.




Dilansir detikcom dari beragam sumber, Rabu (16/10/2019), wanita berusia 45 tahun yang tidak disebutkan namanya ini tiba di bandara Sydney pada hari Sabtu lalu. Dia membawa sebuah koper yang berisi 22 pon makanan, termasuk daging babi yang dipersoalkan.

Hampir separuh bawaan wanita ini terdiri dari daging babi yang dimasak dan tidak dimasak. Nah, disebutkan bahwa makanan itu sendiri berisiko terkena flu babi Afrika. Tanpa ragu, wanita ini langsung dipulangkan ke negaranya dan dilarang memasuki Australia selama 3 tahun.

Kenapa Australia seketat itu? Hingga September lalu, 63 provinsi di Asia Tenggara terkena wabah penyakit flu babi Afrika. Sekitar 4,7 juta babi dibunuh karena terpapar wabah tersebut. Di tengah-tengah wabah yang berpotensi menjadi penyakit dunia ini, pemerintah Australia yakin bahwa ada beberapa pihak yang dengan sengaja membawa daging babi ke daerahnya.




Flu babi Afrika telah menyebar ke seluruh bagian tenggara Afrika, Eropa dan Asia. Bahkan menurut laporan 60 persen populasi babi di dunia sudah terkontaminasi.

Hal itu membuat Australia memperketat dan meningkatkan pemeriksaan paket, surat, dan bagasi penumpang yang hendak masuk ke wilayahnya. Gunanya adalah demi mencegah flu babi menyusup ke Australia.



Simak Video "Waduh! Ratusan Bangkai Babi Ditemukan di Sungai Bederah Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA