Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Okt 2019 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bendera Unik: Kepala Medusa di Tengah Kaki Tiga

Bonauli
detikTravel
Bendera di Pulau Sisilia (iStock)
Bendera di Pulau Sisilia (iStock)
Sisilia - Bendera tak cuma jadi lambang sebuah negara, daerah otonomi pun bisa punya. Nah, bendera yang satu ini bikin teringat akan nama sebuah brand di Indonesia.

Yang dibahas di sini adalah bendera dari daerah otonomi Italia, Sisilia. Supaya tidak bingung, mari mengenal Sisilia terlebih dahulu. Sisilia merupakan sebuah pulau di bagian selatan Italia. Tepatnya di Laut Mediterania.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019), Pulau Sisilia pernah menjadi salah satu tempat syuting Aquaman. Namun bukan itu yang akan kita bahas.

Bendera di Pulau Ini Mirip Cap Kaki Tiga?Foto: (iStock)

Salah satu yang menarik perhatian dari Sisilia adalah benderanya. Sebagai daerah otonomi Italia, Sisilia memilih sendiri simbol pulaunya.

Bendera ini mulai diakui sebagai lambang resmi mulai 4 Januari tahun 2000. Karakter yang membuat bendera ini nyentrik adalah adanya trinacria di tengah bendera.

Trinacaria sendiri adalah sebutan untuk simbol kaki tiga. Sebutan kaki tiga itu tentu akan mengingatkan kita terhadap sebuah nama produk minuman di Indonesia. Nama Trinacaria berasal dari kata Yunani yang berarti 3 titik. Ini merujuk pada bentuk pulau yang seperti segitiga.

Bendera di Pulau Ini Mirip Cap Kaki Tiga?Foto: (iStock)


Ya, Sisilia berbeda dengan daerah Italia lainnya yang bergaya romawi. Sisilia lebih condong kepada budaya Yunani karena memang pernah menjadi bagian dari sana. Sekarang ini, Pulau Sisilia juga dikenal dengan nama trinacria.

Kembali ke simbol bendera, karakter trinacria yang dipilih adalah kepala wanita dengan 3 kaki di sekelilingnya. Bukan sembarangan, kepala wanita tersebut adalah Medusa. Selain kaki, kepala Medusa juga disertai dengan 3 biji gandum.

Latar dari trinacaria adalah warna merah dan kuning yang menyatu secara diagonal. Warna merah mewakili Kotamadya Palermo. Sementara warna kuning mewakili Corleone, kota pertanian yang terkenal di abad pertengahan.

Mengapa hanya dua kota ini saja yang masuk ke lambang di bendera tersebut? Alasannya sederhana, dua nama ini dulunya adalah kota-kota pertama yang membentuk konfederasi untuk melawan angevin, kerajaan asal Prancis yang menjajah Sisilia.

Bendera di Pulau Ini Mirip Cap Kaki Tiga?Foto: (iStock)


Sebagai sebuah pulau di tengah laut, Sisilia sering jadi rebutan oleh para penjajah di Eropa. Contohnya Prancis dan Romawi.

Terkesan nyentrik, namun bendera trinacaria menjadi jati diri dari masyarakat Pulau Sisilia. Bendera ini akan terlihat diberbaagai institusi di Sisilia.

Selain bendera yang menarik perhatian, Pulau Sisilia juga dikenal sebagai tempat liburan idaman. Cantik dan eksotis, Sisilia seringkali jadi destinasi bulan madu bagi turis dunia. Pantai biru dan pasir putih menjadi kebanggaan Sisilia.



Simak Video "Menarik Bagi Wisatawan, Tapi Warga Venice Keluhkan Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA