Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Okt 2019 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sejak Agustus, Sudah 80 Hektar Hutan Gunung Tambora Terbakar

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: Kebakaran Gunung Tambora (Imung/Istimewa)
Foto: Kebakaran Gunung Tambora (Imung/Istimewa)
Dompu - Cuaca ekstrem jadi salah satu faktor penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Tambora. Sudah 80 hektar lahan terbakar sejak Agustus-Oktober 2019.

Luas kawasan yang terbakar tersebut tersebar di 4 jalur pendakian diantaranya, Jalur Doro Ncanga, Jalur Piong dan Jalur Pancasila.

"Sebagian besar yang terbakar adalah savana. Kebakaran pada permukaan," ungkap Kepala Balai TN Tambora, Murlan Dameria Pane, pada detikcom, Kamis (17/10/2019).




Kebakaran hebat terjadi pada Selasa (15/10) lalu. Titik api muncul dari Pos 2 hingga merembes pada pos 3 dan pos 4 jalur pendakian Pancasila. Beruntung api berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

"Pos 2 itu belum masuk wilayah Taman, tapi api merambat masuk hingga ke wilayah Taman. Kendala dalam memadamkan api yang pasti cuaca, karena cuaca sangat panas dan angin yang bertiup kencang. Lokasi-lokasi tertentu yang sulit dijangkau petugas dan peralatan pemadaman," ujarnya.

Sejak Agustus, Sudah 80 Hektar Hutan Gunung Tambora TerbakarFoto: (Imung/Istimewa)

Murlan mengakui pihaknya masih kekurangan peralatan untuk pemadaman api yang membakar hutan. Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang hingga merusak kawasan taman, pihaknya akan berupaya untuk memenuhi semua kebutuhan peralatan pemadaman api.

"Kami tahun depan akan mengupayakan penambahan mobil tangki air yang diperlukan untuk pemadaman Karhut," tandasnya.




Meski sering terjadi kabakaran hutan, TN Tambora belum mau mengambil langkah untuk menutup aktivitas pendakian. Hal tersebut dikarekan kondisi yang dirasa masih aman atau tidak mengganggu jalur pendakian.

"Sementara belum (tutup jalur pendakian), kami akan koordinasi dulu dengan pihak terkait untuk memutuskan hal tersebut," tegasnya.

Simak Video "BNPB: Pejabat Daerah Kurang Peduli Menangani Karhutla"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA