Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pariwisata Masuk Fokus Jokowi di Periode Kedua

Afif Farhan
detikTravel
Pelantikan Jokowi-Maruf (Dok. BPMI)
Pelantikan Jokowi-Ma'ruf (Dok. BPMI)
Jakarta - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sudah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024. Lima tahun ke depan, pariwisata jadi salah satu fokus pemerintahan.

Minggu (20/10/2019) sore di gedung parlemen, Jokowi membawakan pidato sesaat setelah dilantik menjadi Presiden RI untuk periode keduanya. Dalam pidatonya, terdapat perkataan soal pariwisata dan infrastruktur.

BACA JUGA: Harapan Pariwisata Raja Ampat untuk Kabinet Baru Jokowi

Awalnya, Jokowi menyebut Indonesia saat ini berada di puncak bonus demografi. Di mana penduduk usia produktif kita jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

"Ini adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar. Ini menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyediakan kesempatan kerja," kata Jokowi.

"Tapi akan menjadi kesempatan besar jika kita mampu membangun SDM yang unggul. Dengan didukung oleh ekosistem politik yang kondusif dan dengan ekosistem ekonomi yang kondusif," sambungnya.

Pariwisata Masuk Fokus Jokowi di Periode Kedua(Alfons/detikcom)


Ada 5 poin yang jadi fokus pemerintahan terkait dengan SDM tersebut. Salah satunya adalah pariwisata.

"Kedua, pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat," tegas Jokowi.

Dalam penggalan pidato tersebut, Jokowi menyebut pembangunan infrastruktur menjadi hal penting dalam pariwisata. Pembangunan infrastruktur yang baik, akan membuat akses ke kawasan wisata menjadi lebih mudah.

Kalau akses ke kawasan wisata sudah mudah, maka masyarakat di sekitar kawasan wisata akan mendapat untung. Mereka bisa membuat lapangan kerja, dari berdagang, menyediakan penginapan, hingga menjadi pemandu wisata.

BACA JUGA: Menpar Senang, Infrastruktur Bikin Pariwisata Terdongkrak

Dalam periode pertama Jokowi, pemerintahannya sudah membangun banyak jalan tol di Pulau Jawa, Sumatera hingga Kalimantan. Jalan-jalan tol tersebut, nantinya juga memudahkan aksesibilitas wisatawan.

Selain itu, pembangunan beberapa bandara juga sudah digarap. Kita nantikan saja apalagi selanjutnya.




Simak Video "30 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA