Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Okt 2019 09:12 WIB

TRAVEL NEWS

Wishnutama, Putra Kelahiran Papua Itu Resmi Jadi Menteri Pariwisata

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Wishnutama. (Andhika Prasetia/detikcom).
Foto: Wishnutama. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya hingga 2024. Wishnutama, putra kelahiran Papua, akhirnya resmi jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Wishnutama Kusbandio, putra kelahiran Jayapura tahun 1970 silam, dipercaya Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2019-2024.




Siapa Wishnutama? Dihimpun detikcom, Rabu (23/10/2019), berikut profil dari pria yang kerap disapa Tama itu:

1. Putra Kelahiran Papua

Wishnutama Kusubandio lahir di Jayapura, Papua pada 4 Mei 1970. Ia menempuh pendidikan sekolah menengah di Jakarta, tepatnya SMP Tarakanita 5. Setelah itu ia melanjutkan SMA di Kooralbyn International School, Queensland, Australia dan International School Singapore.

2. Lulusan Luar Negeri

Wishutama melanjutkan pendidikan tingginya di Amerika Serikat. Ia berkuliah di Military College of Vermont di Norwich University.

Setelah itu, Wishnutama mengambil jurusan Liberal Arts di Mount Ida College, Boston dan jurusan Komunikasi di Emerson College, Boston.




3. Berkarier di Dunia TV

Wishnutama memulai kariernya di dunia pertelevisian saat mengambil kerja paruh waktu sebagai asisten produksi di New England Cable News. Setelah lulus dari Emerson College, ia bekerja di stasiun televisi WHDH7 di Boston.

Pada tahun 1994, Wishnutama kembali di Indonesia dan bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Kariernya terus berkembang hingga ia menjadi Production Manager.

Tahun 2001, Wishnutama pindah ke Trans TV sebagai Kepala Divisi Produksi. Kariernya terus menanjak hingga ia akhirnya ditunjuk sebagai Wakil Direktur Utama.

Pada tahun 2006, Wishnutama ditunjuk sebagai Direktur Utama Trans7. Dua tahun kemudian ia ditunjuk menjadi Direktur Utama Trans TV.

Pada tahun 2013, Wishnutama mendirikan stasiun televisi NET. Ia pun menjadi Presiden Direktur dan CEO PT. Net Mediatama Televisi pada tahun 2013-2018.

4. Partisipasi di Asian Games 2018

Pada tahun 2018, Wishnutama ditunjuk sebagai Creative Director Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018. Sejak itulah namanya diunggulkan sebagai calon menteri Jokowi 2019 sampai 2024.




5. Akhirnya Dipanggil ke Istana

Wishnutama menjadi salah satu calon menteri yang dipanggil ke Istana oleh Presiden Joko Widodo. Ia tiba di Istana sekitar pukul 11.10 WIB, Senin (21/10/2019).

Setelah bertemu dengan Presiden, ia pun memberi kisi-kisi posisi menteri yang akan dijabatnya.

"Saya datang ke sini diminta presiden bantu beliau. Saya tidak bercita-cita jadi menteri tapi ini untuk kebaikan bangsa, saya bersedia," ujar Wishnutama usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

Wishnutama akan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024. Selamat bekerja memajukan pariwisata Indonesia, Pak Tama!




Simak Video "Tak Hadiri Wisuda Putrinya karena Pelantikan, Wishnutama Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA