Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Des 2019 22:30 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Guide yang Temani Wishnutama di Pulau Komodo

Afif Farhan
detikTravel
Wishnutama (tengah baju hitam) bersama naturalis guide di Pulau Komodo (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Wishnutama (tengah baju hitam) bersama naturalis guide di Pulau Komodo (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Labuan Bajo - Baru-baru ini Menparekraf Wishnutama dan wakilnya, Angela Tanoe mengunjungi Pulau Komodo. Ini cerita naturalis guide saat menemani mereka di sana.

Dimulai dari hari Selasa (26/11) kemarin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama dan Angela Tanoe mengunjungi Mandalika di NTB dan Labuan Bajo di NTT. Dua tempat tersebut masuk dalam daftar 5 Destinasi Super Prioritas yang sedang digarap maksimal oleh pemerintah.

Hari Kamis (28/11) kemarin, Wishnutama dan Angela Tanoe menapakkan kaki di Labuan Bajo. Mereka mendatangi Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo.

BACA JUGA: Foto: Kunjungan Wishnutama ke Mandalika dan Labuan Bajo

Selama di Pulau Komodo, Wishnutama dan Anegla Tanoe didampingi oleh pihak Taman Nasional Komodo, jajaran Pemkab Manggarai Barat, dan naturalis guide. Naturalis Guide merupakan penduduk lokal di Desa Komodo yang menjadi pemandu wisata di Taman Nasional Komodo. Mereka pun biasa mendampingi wisatawan untuk melihat komodo.

Cerita Guide yang Temani Wishnutama di Pulau KomodoFoto: (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Hamnor, merupakan salah satu naturalis guide yang ikut dalam rombongan dan menemani perjalanan Wishnutama di Pulau Komodo. Dia menemani sejak berlabuh di dermaga di Loh Liang.

"Dari dermaga, Wishnutama dan Angela Tanoe mampir di pusat oleh-oleh. Mereka melihat berbagai suvenir, terutama soal patung-patung komodo," jelas Hamnor kepada detikcom lewat sambungan telepon, Minggu (1/12/2019).

Hamnor pun mendengarkan apa yang Wishnutama diskusikan bersama jajarannya dan para penjaja suvenir. Wishnutama memuji para penjaja suvenir yang juga merupakan penduduk asli Desa Komodo di Pulau Komodo.

"Dia (Wishnutama) bilang, harus ada nilai tambah. Patung-patung komodo sudah bagus, tapi harus ada ekonomi kreatif lainnya seperti kerajinan tangan. Dia juga bilang akan memberikan pelatihan pada para pengrajin suvenir, khususnya para pemahat patung komodo," papar Hamnor.

Cerita Guide yang Temani Wishnutama di Pulau KomodoFoto: (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


BACA JUGA: Cerita Warga Desa Komodo Selfie dengan Wishnutama

Setelah dari situ, Wishnutama bersama rombongan lanjut ke Oase Cafe, suatu kafe yang berada di pinggir pantai di Pulau Komodo. Saat itu Hamnor tidak bisa ikut ke dalam, karena hanya para pejabat dari Pemkab Manggarai Barat serta pihak Taman Nasional Komodo.

"Tapi dari kafenya, Wishnutama melihat-lihat komodo. Di bawah kafenya juga banyak komodo," terangnya.

Cerita Guide yang Temani Wishnutama di Pulau KomodoWishnutama melihat komodo di dekat Oase Cafe (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Namun sebelum ke kafe, Wishnutama bersama rombongan melewati pintu gerbang Pulau Komodo. Kata Wishnutama, gerbangnya mau diubah.

"Dia bilang patung dan gerbangnya akan diubah supaya ada daya tarik," ungkap Hamnor yang sudah menjadi naturalis guide selama 10 tahun.

"Kemudian, Wishnutama juga dikenali oleh Kepala Desa Komodo. Dia pun mendengarkan keluh kesah warga desa, seperti membutuhkan dermaga permanen. Kata Pak Menteri, nanti akan disampaikan ke Menteri Perhubungan Budi Karya," lanjutnya menjelaskan.

Gerbang masuk Pulau KomodoGerbang masuk Pulau Komodo (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


BACA JUGA: Mengingatkan Wishnutama soal Wacana Masuk Komodo Rp 14 Juta

Menurut Hamnor, Wishnutama tidak sempat untuk trekking di Pulau Komodo mungkin karena jadwal yang padat. Dirinya pun ikut senang dan berharap banyak kepada Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Harapan saya, semoga masyarakat di Desa Komodo bisa lebih terlibat pada pariwisata. Selama ini, kami belum banyak merasakan langsung pendapatan dari pariwisata," tutupnya.



Simak Video "5 Destinasi Indonesia yang Jadi PR Wishnutama-Angela Tanoe"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA