Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Okt 2019 18:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Penyelamatan 4 Lumba-lumba dari Kolam Renang Hotel di Bali

Tim detikcom
detikTravel
Lumba-lumba yang diselamatkan The Dolphin Project (dok. The Dolphin Project)
Lumba-lumba yang diselamatkan The Dolphin Project (dok. The Dolphin Project)
Bali - 4 ekor lumba-lumba diselamatkan oleh para pecinta satwa dari kolam renang sebuah hotel di Bali. Selama ini, mamalia laut itu digunakan untuk atraksi.

Kelompok pecinta satwa yang tergabung dalam The Dolphin Project berhasil menyelamatkan 4 ekor lumba-lumba dari kolam renang sebuah hotel di Bali. Saat diselamatkan, kondisi 4 ekor lumba-lumba ini cukup memprihatinkan.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, di antaranya situs resmi The Dolphin Project, Kamis (24/10/2019), 4 ekor lumba-lumba tersebut diselamatkan dari sebuah hotel di daerah Bali Utara.


Selama ini, lumba-lumba tersebut digunakan untuk atraksi. Tamu hotel yang ingin berfoto dengan lumba-lumba atau melihatnya melakukan atraksi harus membayar sejumlah uang kepada pihak hotel.

Aslinya ada 5 ekor lumba-lumba yang ditemukan di kolam renang hotel tersebut. Tapi 1 ekor lumba-lumba sudah mati, sebelum sempat diselamatkan The Dolphin Project di bulan Agustus.

Kisah Penyelamatan 4 Lumba-lumba dari Kolam Renang Hotel di BaliLumba-lumba bernama Dewa ditemukan luka-luka (dok. The Dolphin Project)

Dari 4 ekor lumba-lumba yang disimpan di hotel, hanya ada 2 ekor lumba-lumba yang kondisinya cukup fit untuk diselamatkan, yaitu Rocky dan Rambo. Sementara 2 lainnya butuh waktu untuk fit agar siap diselamatkan.

2 Lumba-lumba tadi akhirnya diselamatkan awal bulan Oktober ini. Seekor lumba-lumba bernama Dewa, diketahui mengalami banyak luka di bagian perutnya. Luka tersebut didapat Dewa saat melakukan atraksi melompat dari kolam renang ke darat, tapi mendaratnya ke keramik kolam renang yang pecah-pecah.

Sedangkan lumba-lumba bernama Johnny diketahui mengalami kebutaan. Penyebabnya, karena mata Johnny terlalu lama terpapar klorin, zat yang biasa ditemukan di kolam renang untuk membuat air jernih.

Kisah Penyelamatan 4 Lumba-lumba dari Kolam Renang Hotel di BaliLumba-lumba bernama Johnny mengalami kebutaan (dok. The Dolphin Project)

Dengan kondisi seperti itu, belum lagi masalah kesehatan lainnya, termasuk kerusakan gigi, Johnny dan Dewa bisa saja menghabiskan sisa hidupnya di dalam kolam penangkaran.

Selain lumba-lumba, The Dolphin Project juga mengklaim sudah menemukan satwa dilindungi lain yang ada di hotel yang sama. Hewan-hewan itu antara lain 3 buaya air asin, 2 monyet, beberapa ekor burung, ular dan juga landak. Semuanya sudah diamankan dari hotel tersebut.

The Dolphin Project mengklaim, pihak hotel sudah mengantongi izin dari Pemerintah setempat untuk menyimpan lumba-lumba tersebut. Lumba-lumba ini bahkan sudah melakukan atraksi di hotel itu selama lebih dari satu dekade (10 tahun).

Kisah Penyelamatan 4 Lumba-lumba dari Kolam Renang Hotel di BaliLumba-lumba ini dijadikan atraksi oleh pihak hotel (dok. The Dolphin Project)




Simak Video "Sekawanan Besar Lumba-lumba di Lepas Pantai California"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA