Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Okt 2019 22:31 WIB

TRAVEL NEWS

Heboh Penampakan Harimau Tasmania

Afif Farhan
detikTravel
Patung harimau tasmania (Australian Museum/CNN)
Patung harimau tasmania (Australian Museum/CNN)
Tasmania - Baru-baru ini, publik di Australia dihebohkan penampakan harimau tasmania. Kenapa heboh? Soalnya hewan ini diyakini sudah punah!

Dilansir dari CNN, (29/10/2019) beberapa bulan belakangan banyak pengakuan orang-orang Australia yang melihat harimau tasmania. Sebelumnya kita kenali dulu harimau tasmania (Thylacinidae) dan tasmania (Dasyuridae). Dua hewan ini berasal dari Pulau Tasmania di bagian selatan Australia, lepas dari daratan utamanya.

Dua hewan ini pun berbeda, harimau tasmania diyakini sudah punah pada tahu 1930-an. Sedangkan tasmania, masih hidup dan dalam status terancam punah.

Meski sama-sama karnivora, tapi bentuk badannya berbeda. Tasmania ukurannya kecil dan berwarna hitam, sedangkan harimau tasmania ukurannya lebih besar dengan kulit belang bak harimau pada umumnya.

Tasmania atau populer dengan nama Tasmanian DevilTasmania atau populer dengan nama Tasmanian Devil (iStock)


Harimau tasmania disebut-sebut sebagai persilangan antara serigala, rubah, dan kucing. Pun lebih gahar, memiliki rahang yang kuat dengan 46 gigi tajam!

Gambaran harimau tasmaniaGambaran harimau tasmania (iStock)


BACA JUGA: Kenali Lagi Komodo, Si Hewan Kanibal

Sudah 3 tahun terakhir, banyak orang di Pulau Tasmania mengaku melihat harimau tasmania. Tahun 2017 misalnya, seorang pria sedang mengendarai mobil di Cagar Hutan Deep Gully di barat laut Pulau Tasmania. Sekitar 150 meter di depannya, dia melihat mahluk seperti kucing tapi ukurannya besar.

"Mirip kucing, tapi bukan kucing karena ukurannya besar," katanya.

Pada bulan Juli 2019 kemarin, seorang pria di dekat Kota Hobart, melaporkan melihat jejak kaki yang tampaknya cocok dengan jejak harimau Tasmania. Lainnya, banyak yang mengaku melihat kucing berukuran besar, atau serigala dengan ukuran yang lebih kecil.

BACA JUGA: Katak Emas yang Mampu Membunuh Manusia

Potret terakhir harimau tasmania di tahun 1936 di suatu kebun binatang di AustraliaPotret terakhir harimau tasmania di tahun 1936 di suatu kebun binatang di Australia (Australian Museum/CNN)


Para peneliti hewan, berpendapat kalau belum ada bukti nyata seperti rekaman mengenai harimau tasmania. Mereka berujar, harimau tasmania sudah dinyatakan punah dan yang dilihat orang-orang tersebut hanya kucing atau anjing liar.

Kepunahan harimau tasmania dinilai karena perburuan besar-besaran di zaman dulu. Sebab, harimau tasmania sering kali memangsa domba-domba dan hewan ternak lainnya.



Simak Video "Duh! Wanita Hamil Dianiaya Pria di Sydney Secara Brutal"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA