Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Okt 2019 18:52 WIB

TRAVEL NEWS

Doa Naik Pesawat Terbang Lengkap dengan Artinya

Lusiana Mustinda
detikTravel
Doa naik pesawat. Foto: (iStock)
Jakarta - Ketika bepergian dengan kendaraan kita harus tetap menyebut asma Allah atau pun kalimat-kalimat suci yang mengandung keutamaan luar biasa. Doa naik pesawat ini bisa kamu amalkan saat bepergian.

Setahun lalu (29/10/2018) pesawat Lion Air JT-610 rute Bandara International Soekarno Hatta-Bandara Depati Amir Pangkalpinang dinyatakan jatuh di sekitar perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.


Jatuhnya pesawat yang membawa 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak dan dua bayi dengan dua Pilot dan lima awak pesawat kala itu, menjadi salah satu momen duka bagi dunia penerbangan Indonesia.

Dengan adanya kejadian ini, kita diingatkan kembali untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Sebelum bepergian menggunakan pesawat terbang, sebaiknya kita selalu membaca doa.

Dikutip dalam islam.nu.or.id, riwayat Ibnu Sinni dan Al-Baihaqi menceritakan bagaimana Rasulullah SAW ketika berperang di Tabuk diminta pulang kampung ke Madinah demi mensholatkan jenazah salah seorang sahabatnya, Muawiyah.

Riwayat ini dikutip oleh Imam Nawawi dalam Al-Adzkar pada bab zikir ketika di jalan sebagai berikut ini:

"Diriwayatkan kepada kami dalam Kitab Ibnu Sinni dan kitab Dala'ilun Nubuwwah karya Al-Baihaqi dari Abu Umamah Al-Bahili, ia bercerita bahwa Jibril AS mendatangi Rasulullah SAW ketika beliau di Tabuk. 'Wahai Muhammad, saksikanlah shalat jenazah Muawiyah bin Muawiyah Al-Muzani (di Madinah),' kata Jibril. Rasulullah SAW keluar (dari Tabuk).

Sementara Jibril AS turun bersama 70.000 malaikat. Jibril AS menurunkan sayap kanan di atas bukit hingga merendah. Ia juga meletakkan sayap kirinya di atas tanah sampai merendah hingga ia dapat melihat Kota Mekkah dan Madinah.

Rasulullah SAW bersama Jibril AS dan ribuan malaikat kemudian menshalatkan jenazah Muawiyah. Setelah selesai, Rasulullah SAW bertanya, 'Wahai Jibril, dengan amalan apa Muawiyah mendapatkan derajat begitu tinggi ini?' 'Muawiyah lazim membaca Surat Al-Ikhlas saat berdiri, berkendaraan, dan berjalan kaki,' jawab Jibril," (Lihat Al-Imam An-Nawawi, Al-Adzkar pada Hamisy Al-Futuhatur Rabbaniyyah, [Beirut: Daru Ihyait Al-Arabi, tanpa catatan tahun], juz VI, halaman 176).


Berikut ini surat Al-Ikhlas yang bisa dijadikan doa naik pesawat agar selamat:

"Katakanlah, 'Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.'"


Sedangkan dikutip dari Islam.co, ini doa naik pesawat dan artinya yang hendak dibaca:


اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ


Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali.


Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.






Simak Video "Kadisparekraf DKI Meninggal, Hasil Swab Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA