Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Nov 2019 17:42 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Sudah Banyak yang Foto-foto atau Selfie di JPO Sudirman?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Wisatawan berfoto di JPO Sudirman yang sudah tanpa atap. (Randy/detikcom)
Wisatawan berfoto di JPO Sudirman yang sudah tanpa atap. (Randy/detikcom)
Jakarta - Jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman yang tanpa atap diyakini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi spot selfie. Ini fakta di lapangan.

Fakta itu pun disampaikan Anies dalam rapat Rapim Penataan PKL di Trotoar Thamrin-Sudirman dan Pusat Kuliner Thamrin pada 10 pada 23 Oktober 2019. Di mana Video rapat itu juga diunggah di akun YouTube Pemprov DKI.




"Apa yang terjadi kalau nanti dibuka? Itu tempat selfie paling sering karena pemandangan gedung di malam hari bagus sekali, sore, siang. Atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka," kata Anies.

Penasaran dengan ucapan Anies tersebut, secara khusus terkait potensi JPO tersebut sebagai spot selfie, detikcom pun menyambangi JPO Sudirman itu. Lokasinya di antara Wisma Bumiputera dan Menara Astra di Jalan Sudirman.


JPO Sudirman Diprediksi Anies Jadi Spot Selfie, Ini KenyataannyaPejalan kaki yang melintas dan petugas yang tengah bertugas di JPO Sudirman yang sudah tanpa atap. (Randy/detikcom)

Tiba di lokasi sekitar pukul 12.30 WIB atau jelang makan siang, tampak para pejalan kaki yang melintas serta petugas yang tengah mengecat JPO. Mayoritas pejalan tampak mengenakan name tag, besar kemungkinan mereka merupakan para pekerja kantoran di sekitar Jalan Sudirman.

Hanya di antara pejalan kaki yang melintas, terselip barang satu dua orang yang mengeluarkan ponsel dan berhenti sejenak di atas JPO untuk mengabadikan panorama Jalan Sudirman dari atas JPO.




Salah satu yang ditemui detikcom adalah dua sekawan bernama Ananda Dwi dan Fahmi Suhada, wisatawan asal Bekasi yang tengah kebetulan melintas. Keduanya tampak asyik berfoto di atas JPO tanpa atap tersebut.

"Baru tahu. Untuk lihat pemandangan doang lebih bagus, kalau pakai atap terlihat kumuh," ujar Fahmi.

JPO Sudirman Diprediksi Anies Jadi Spot Selfie, Ini KenyataannyaAnanda dan Fahmi yang tengah berfoto di JPO (Randy/detikcom)

Ditambahkan oleh Fahmi, ia cukup menyukai konsep JPO Sudirman tanpa atap yang digagas Anies. Sebagai warga Bekasi, ia mengaku lebih senang melihat wajah Jakarta kini.

"Positifnya bisa lihat pemandangan, lihat wajah Jakarta yang lebih baru. Trotoarnya juga bagus," tambah Fahmi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ananda yang menemani Fahmi. Sering naik JPO, Fahmi berujar kalau ia lebih menyukai JPO tanpa atap tersebut.

"Saya sering naik JPO, kalau ada atapnya kurang sedap. Kalau ada atapnya gampang kotor," ujar Ananda.

Tiadanya penutup atap membuat pejalan merasa panasTiadanya penutup atap di JPO Sudirman membuat pejalan kaki cukup merasakan sengatan panas matahari. (Randy/detikcom)

Secara keseluruhan, keduanya tampak menikmati JPO Sudirman tanpa atap tersebut. Namun, opini berbeda diberikan oleh pejalan kaki bernama Ida yang melintasi JPO tanpa atap tersebut.

"Kurang nyaman kalau konsep kayak gitu. Kalau musim hujan (atau) panas, nggak mau naik (JPO) itu," ujar Ida yang melintas karena ada perlu di salah satu gedung dekat JPO tersebut.

Sepanjang ia melintas, Ida memang tampak berjalan cepat sambil menutupi kepalanya dengan kertas file yang ia bawa. Soal panorama Jakarta yang lebih jelas setelah atap JPO diangkat, Ida malah kurang memperhatikan.




"Tadi sempat lihat, viewnya lebih kelihatan. Cuma sekilas," tutup Ida.

Sehari sebelumnya, detikcom juga sempat meminta pendapat para pejalan kaki yang melintas di JPO tanpa atap tersebut. Tak sedikit juga yang mengeluhkan kondisi JPO yang lebih panas, walau pemandangan jadi lebih jelas.

Mungkin di antara traveler ada yang sudah melewati JPO tanpa atap tersebut? Adakah yang punya opini berbeda atau justru malah menyukai JPO tanpa atap tersebut?





Simak Video "Pro dan Kontra JPO Sudirman Tanpa Atap"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA