Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Nov 2019 17:51 WIB

TRAVEL NEWS

Kepulauan Seribu Gelar Kompetisi Water Sport

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi (Johanes Randy/detikcom)
Ilustrasi (Johanes Randy/detikcom)
Jakarta - Ada yang menarik di Kepulauan Seribu. Siap-siap digelar Kepulauan Seribu Water Sport Competition 2019 dan traveler bisa ikutan.

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu terus menggenjot peningkatan pariwisata Pulau Seribu. Setelah sebelumnya berbagai macam acara sukses dilakukan, kali ini akan diadakan acara yang tak kalah menarik.

Tepatnya tanggal 16-17 November di Pulau Pramuka Sudin Parbud Pulau Seribu akan mengadakan 'Water Sport Competiton 2019'. Akan ada banyak perlombaan seperti Lomba Dayung Sampan, Lomba Balap Perahu Tradsional, Lomba Ketangkasan Perahu Tradisional.

Kemudian untuk yang lebih modern ada Kompetisi Jet Ski Atraksi Flyboard, Pentas Musik dan Tidung Aquathlon dengan lomba Renang 770 M dan Lari 10k ini diadakan di Pulau Tidung pada tanggal 23-24 November 2019.

"Tidung Aquathlon ini adalah acara yang kedua, tahun kemarin yang menginisiasi adalah Pak Sandiaga Uno," kata Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia melalui keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (8/11/2019).



Rangkaian acara kata Cucu diawali pada tanggal 16 November di Pulau Pramuka dengan agenda lomba yang mengangkat kearifan lokal, seperti lomba dayung sampan, ada balap perahu tradisional, ada juga tarik tambang pakai perahu, dan lomba menangkap bebek.

"Pesertanya bukan hanya masyarakat lokal, tapi ada juga dari negara tetangga seperti dari Singapura dan Malaysia. Untuk lomba jet ski ada lima kategori pemenang dan ada juga eksibisi flyboard, ini tidak masuk kategori lomba," ujarnya.

"Perlu diketahui bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi Sudin dengan masyarakat pulau. Terutama untuk lomba tradisional. Kepanitiaan dipegang oleh masyarakat pulau mulai dari aturan kompetisi sampai dengan pendaftaran," tambah Cucu.

Kepulauan Seribu Gelar Kompetisi Water SportFoto: (dok Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu)


Dukungan besar juga diberikan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Husen Murod. Menurutnya, ajang seperti itu bisa menjadi sarana untuk menampilkan kearifan lokal yang ada di Kepulauan Seribu. Adanya perlombaan perahu tradisional, kemudian ada permainan yang identik dengan masyarakat pulau tentu ini menjadi daya tarik tersendiri.

"Kemudian di Pulau Tidung yang tentunya menyasar masyarakat yang hobi olahraga seperti renang dan lari bukan hanya dalam negeri, tapi juga dari luar negeri ini bagus sekali. Diharapkan bisa menumbuhkan minat olahraga-olahragawan masyarakat pulau," ujar Husen.



Selain itu Husen juga mengatakan kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi wisata agar masyarakat bisa lebih mengenal lagi destinasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu. Menurutnya, ini bisa menjadi pembuktian bahwa keindahan alam di Kepulauan Seribu tidak kalah dengan wisata pulau-pulau lain.

"Ini juga bisa memberikan kesempatan untuk para UKM-UKM yang ada di pulau untuk mempromosikan produksi-produksinya. Untuk para pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian Pulau Seribu karena ini pulau milik kita bersama yang harus kita jaga bersama," tutupnya.



Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA