Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Nov 2019 17:16 WIB

TRAVEL NEWS

Anies Resmikan Pembangunan Masjid Apung Jakarta

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom
Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom
Jakarta - Pembangunan Masjid Apung di kawasan Jakarta Utara telah resmi dimulai. Peresmiannya dihadiri oleh Anies Baswedan dan Jusuf Kalla.

Pada hari ini, Sabtu (9/11/2019) PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk meresmikan pembangunan Masjid Apung Taman Impian Jaya Ancol. Peresmian ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Syahir Syahali mengatakan pembangunan masjid ini sebagai salah satu inovasi Ancol sebagai tempat wisata. Selain itu Masjid Apung ini juga dibangun untuk mengenang penyebaran Islam.

"Kami ingin mengenang penyebaran Islam yang dimulai dari utara Jakarta," ujar Teuku.


Sementara itu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi pembangunan Masjid Apung ini.

"Kawasan Ancol sebagai kawasan wisata hiburan sekarang juga memiliki aspek wisata kultural dimana ada pengalaman baru yang didapatkan masyarakat. Ancol bukan hanya menjadi sarana hiburan dimana keluarga bersenang-senang tapi ada tempat seperti ikon Masjid Apung ini yang bisa memberikan pengalaman unik," kata Anies.

Setelah itu Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK) juga memberikan saran untuk pembangunan Masjid Apung ini.

"Pembangunan masjid ini harus memiliki akustik yang baik. Karena kalau kita ke masjid, 80 persen mendengarkan dan 20 persen untuk salat dan doa. Jadi, kalau akustiknya jelek, maka 80 persen hilang maknanya," kata JK.

Lebih lanjutnya, JK juga berharap Masjid Apung akan mempermudah pengunjung untuk beribadah di tengah kawasan rekreasi Ancol.

Masjid Apung ini merupakan yang masjid pertama yang dibangun di atas laut Jakarta. Masjid seluas 2.000 meter persegi ini nantinya dapat menampung 2.500 jemaah.

Masjid ini dibangun di bagian timur Pantai Ancol atau dikenal sebagai Pantai Ria. Pembangunan masjid diprediksi akan selesai pada Desember 2020.

Simak Video "Groundbreaking Masjid Apung Ancol, Anies: Kita Harap Jadi Ikon"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA