Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Nov 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Atraksi Naik Gajah di Angkor Wat Dihentikan

Putu Intan Raka
detikTravel
Gajah di Angkor Wat (Getty)
Gajah di Angkor Wat (Getty)
Phnom Penh - Gajah-gajah yang dipekerjakan untuk atraksi turis di Angkor Wat, Kamboja akan dipensiunkan. Mereka akan dikembalikan ke habitat aslinya di hutan.

Otoritas Apsara, agen pemerintah yang mengawasi situs arkeologi Angkor Wat mengatakan hal ini dilakukan guna memberikan kehidupan yang lebih baik untuk para gajah di habitat aslinya. Menurut mereka, masih ada cara lain untuk memberikan atraksi yang menghibur dan tumpangan untuk para wisatawan.

Sebanyak 14 gajah yang dipekerjakan di kawasan tersebut selama ini diurus oleh perusahaan swasta. Mereka akan dipensiunkan karena sudah tua dan sakit. Gajah-gajah ini telah memberikan tumpangan untuk wisatawan sejak tahun 2001.

Kebijakan ini diambil setelah sebelumnya pada 2016 terjadi kematian gajah betina usai memberikan tumpangan untuk turis. Kejadian ini mendapatkan kritik keras dari masyarakat melalui media sosial.



Masyarakat bahkan sampai mengirimkan petisi melalui change.org yang ditujukan untuk Otoritas Apsara. Melalui petisi tersebut, masyarakat ingin kegiatan mempekerjakan gajah itu dihentikan.

Otoritas Apsara mengatakan, gajah-gajah Angkor Wat akan ditempatkan di habitat alami mereka. Letaknya sekitar 40 km dari kawasan bersejarah tersebut.

Dilansir dari South China Morning Post, juru bicara Otoritas Apsara, Long Kosal menjelaskan, gajah-gajah itu akan tetap diurus di bawah perawatan perusahaan. Kabarnya, turis tetap bisa melihat gajah-gajah itu tapi tidak untuk ditunggangi.

Simak Video "WNI Selundupkan Narkoba Senilai Rp 14 M ke Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA