Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Nov 2019 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Paspor Sobek, Turis Ini Gagal Liburan Mewah Naik Kapal Pesiar

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: James Adams (dok. Istimewa)
Foto: James Adams (dok. Istimewa)
London - Jaga baik-baik paspormu. Jangan seperti turis satu ini. Gara-gara paspornya sobek, rencana liburan mewah naik kapal pesiar ke Aruba pun batal.

James Adams (22), gagal liburan naik kapal pesiar mewah bersama dengan orangtuanya (Richard dan Claire Adams) dan juga bersama saudaranya (Georgia dan Lewis), hanya karena ada sobekan kecil di paspornya.




Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (18/11/2019), James tidak diizinkan terbang bersama keluarganya setelah petugas imigrasi memergoki ada sobekan di bagian halaman depan paspornya yang memuat foto dan data diri.

Padahal paspor yang sama sudah dipakai James untuk pergi liburan ke Siprus, Ibiza hingga ke Amsterdam bersama teman-temannya. Keluarganya pun tidak habis pikir mengapa James ditolak untuk terbang.

Sobekan di paspor JamesSobekan di paspor James (dok. Istimewa)

Sang Ibu, Claire (46) bahkan sudah mengecek ke peraturan pemerintah, bahwa selama foto paspor masih terlihat dan menempel, tidak ada masalah jika ada kerusakan pada paspor tersebut. Tapi petugas imigrasi tidak bergeming.

Mereka tetap pada keputusannya, bahwa James tidak bisa terbang ke Aruba. Padahal liburan ke Aruba ini sudah direncanakan sebagai liburan keluarga terakhir sebelum anak-anaknya pergi meninggalkan rumah.

"Ini sungguh tragis. Suami saya sampai shock. Anak perempuan saya menangis, dan James sangat sedih. Saya berusaha menenangkan dia karena saya tidak ingin dia ditahan," kata Claire.

Claire dan Richard akhirnya memutuskan tetap berangkat ke Aruba bersama Georgia, meskipun tanpa James dan Lewis yang menemani kakaknya. Keluarga inipun gagal mewujudkan liburan impian, meski sudah merogoh kocek 5.935 poundsterling (setara Rp 107 jutaan) untuk liburan ini.


Ironisnya, sesampainya di Aruba rupanya sudah tersedia mesin scan paspor otomatis buat para wisatawan. James harusnya tidak masalah dan bisa melewati mesin scan otomatis ini.

"Kami pergi ke imigrasi Aruba, dan semua mesin scan otomatis. Kamu hanya perlu menunjukkan halaman paspor yang ada fotonya. Kami pun merasa sangat sedih. James harusnya ada di sini bersama kami," imbuh Claire.

Selama liburan di Aruba keluarga ini tidak menikmatinya karena terus kepikiran dengan James. Sepulangnya ke rumah, Claire menuliskan email komplain resmi tapi pihak imigrasi menolak untuk bertanggung jawab atas kejadian tersebut.




Simak Video "National Gallery, Museum yang Wajib Dikunjungi Saat di London"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA