Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Nov 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Wishnutama Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Afif Farhan/detikcom
Foto: Afif Farhan/detikcom
Jakarta - Dalam kunjungan kerja ke Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama membahas soal SDM di sektor pariwisata. Termasuk, cara meningkatkan kualitasnya.

Menparekraf bersama wakilnya, Angela Tanoesoedibjo, menghadiri Indonesia Tourism Outlook 2020 di Bali Nusa Dua Convention Center di ITDC, Nusa Dua, Bali, Jumat (22/11/2019). Inilah kunjungan kerja pertama mereka ke daerah.


Dalam sambutannya di depan pelaku-pelaku wisata Bali, Wishnutama membahas soal SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang pariwisata. Dia menekankan soal meningkatkan SDM pariwisata.

"Caranya dengan memperkuat pendidikan pariwisata dan hospitality melalui SMK dan politeknik di daerah yang ada di kawasan wisata," katanya.

Cara Wishnutama Tingkatkan Kualitas SDM PariwisataFoto: Afif Farhan/detikcom

Selain itu, pelatihan vokasi berbasis kerjasama dengan pihak industri pariwisata akan ditingkatkan. Serta, cara lainnya adalah melalui pelatihan dan sertifikasi.

"Di ratas (rapat terbatas), saya mengusulkan kurikulum pariwisata di SD dan SMP yang ada di daerah-daerah tujuan pariwisata. Kurikulum itu dikenalkan sejak dini," terang Wishnutama.


Dalam periode kedua Presiden Joko Widodo, pariwisata diharapkan akan menjadi ladang devisa terbesar. Untuk mencapai hal itu, maka dibutuhkan SDM yang berkualitas.

"Pembangunan pariwisata ke depan tidak pada jumlah, tapi pada kualitas wisatawan. Untuk itu beberapa hal utama yang terkait adalah peningkatan kapasitas SDM," tutupnya.

Simak Video "Tak Hadiri Wisuda Putrinya karena Pelantikan, Wishnutama Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA