Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Nov 2019 18:21 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Kesehatan Bukan Hal Baru di Yogyakarta

Usman Hadi
detikTravel
Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X (Usman Hadi /detikcom)
Yogyakarta - Ternyata, Pemda DI Yogyakarta sudah lama mencanangkan wisata kesehatan. Bahkan wacana ini telah dimulai dengan membangun rumah sakit taraf internasional.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menyebut Pemda DIY sudah lama merancang wisata kesehatan. Salah satu wujudnya adalah pembangunan rumah sakit bertaraf internasional di Kulon Progo.

"Kalau Kulon Progo kita bangun rumah sakit (bertaraf internasional) itu kan memang untuk wisata," ujar Sultan kepada wartawan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY Jalan Malioboro Yogyakarta, Kamis (28/11/2019).

"Tapi ya pengertian wisata itu tidak mesti harus hanya wisata, tapi orang lokal ya boleh, yang penting memenuhi standar tertentu. Nanti kan harus diverifikasi," sambung Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.


Sultan menuturkan, selama ini pihaknya telah berupaya mengembangkan wisata kesehatan di DIY. Pemda disebutnya juga telah melakukan sharing dengan pemerintah Kabupaten/Kota.

"Kita memang bangun, sharing sama kabupaten itu untuk fasilitas tourism. Kepanjangan dari kerjasama sama (Rumah Sakit) Sardjito," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Yogyakarta ditetapkan menjadi salah satu lokasi uji trail wisata kesehatan di Indonesia. Uji coba ini merupakan tindak lanjut kerjasama Kemenkes dan Kemenparekraf usai peluncuran katalog wisata kesehatan beberapa waktu lalu.

Menindaklanjuti program ini, pihak Kemenkes telah melaksanakan sosialisasi determinan kesehatan pada tanggal 25-27 November 2019 lalu di Cavinton Hotel Yogyakarta, Jalan Letjen Suprapto No 1, Ngampilan, Kota Yogyakarta.



Simak Video "Citra Wisata Yogyakarta Tercoreng Aksi Klitih"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA